Tuesday, April 12, 2016

JENIS JENIS ( MACAM MACAM ) JARINGAN KOMPUTER

Advertisement



Ok, kali ini saya mau share tentang jaringan ( mumpung lagi nganggur ), OK, Langsung ke TKP :

Secara umum, jaringan komputer terdiri dari lima jenis, yaitu :

Merupakan jaringan milik pribadi didalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer ( km ), LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik pabrik untuk memakai bersama sumberdaya seperti printer,dsb. Dan saling bertukar informaasi.

2. Metropolitan Area Network ( MAN )
Merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar, dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi ( swasta ) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.

Merupakan sebuah jaringan yang jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benuam WAN terdiri dari kumupulan mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program ( aplikasi ) pemakai,

4. Internet

Sebenarnya terdapat banyak jaringan didunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras ( hardware ) dan Perangakat lunak ( software ) yang berbeda , Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya, Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak kompatibel dan berbeda, Biasanya untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut GATEWAY, yang berguna untuk melakukan hubungan dan melakukan terjemahan yang diperlukan, baik untuk hardware, maupun software, dan kumpulan Jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut internet.

Jaringan Wireless ( tampa kabel ) merupakan suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan menggunakan kabel. Misalnya orang yang ingin mendapat informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang berada di atas mobil, WC. Saat ini jaringan wireless sudah marak digunakan dengan menggunakan teknologi satelit yang mampu memberi kecepatan akses lebih cepat dibanding kabel.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar dengan sopan sesuai topik yang dibahas. Mohon tidak meninggalkan URL. Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon