Thursday, April 21, 2016

MENGATASI PESAN “ System Program Problem Detected” dan Gagal Shutdown DI UBUNTU

Advertisement



Masalah ini muncul ketika saya selesai menupgrade ubuntu dilaptop saya dari versi 14.04 ke versi 15.04 ( instal ulang ) awalnya tidak ada masalah, namun setelah melakukan ritual “ TWEAK “ disitulah muncul masalah, masalah masalah tersebut memang tidak begitu mempengaruhi laptop, namun dengan pesan pesan yang selalu bermunculan disaat selesai booting akan terasa mengganggu, adapun masalah yang saya dapat adalah:

1. Ubuntu yang saya pakai tiba-tiba tidak bisa dishutdown, ( layar sudah mati, tetapi lampu indikator seperti wifi, baterai, hdd, dan power masih nyala ) adapun cara yang saya lakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah : masuk terminal lalu ketik perintah :
sudo /nano/etc/default/grub

Lalu pada bagian GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT=”quiet splas” Hilangkan tulisan “quiet

Jika sudah tekan ctrl+X dan klik Y lalu enter. Setelah itu tulis perintah “sudo update-grub” tampa tanda petik, selesai itu restart komputer atau langsung ketik perintah “sudo reboot” diterminal.

2. Setiap selesai booting ( setelah menyalakan laptop ) selalu muncul peringatan System Program Problem Detected” entah apa penyebabnya, dan peringatan itu menurut saya cukup mengganggu, karena harus menutup peringatan tersebut.

Untuk masalah yang kedua, * MENGHILANGKAN PESAN “ System Program Problem Detected”
Ikuti langkah berikut ini :
“Buka terminal > ketikkan perintah seperti dibawah ini :
sudo rm /var/crash/*
lalu matikan APPORT, dengan cara mengedit file approt di /etc/default/apport. , langsung saja ketik perintah :
sudo gedit /etc/default/apport
setelah itu, ubah tulisan " enable=1" menjadi "enable=0", jika sudah, restart komputer, dan lihat perubahannya.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar dengan sopan sesuai topik yang dibahas. Mohon tidak meninggalkan URL. Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon