Saturday, April 16, 2016

PENGERTIAN & PEMBAHASAN RAPEATER

Advertisement


Repeater
Repeater pada dasarnya merupakan alat yang sederhana yang berfungsi untuk memperbaiki dan memperkuat sinyal yang melewatinya. Dua sub jaringan yang dihubungkan oleh perangkat ini memiliki protokol yang sama untuk semua lapisan.
Repeater juga berfungsi untuk memperbesar batasan panjang satu segmen. Betikut ini adalah contoh beberapa jenis sistem yang menggunakan repeater untuk memperbaiki dan memperkuat sinyal transmisi data:
  1. Sistem baseband bertopologi bus
media transmisi yang paling populer pada sistem baseband bertopologi bus (Gambar 5.16) adalah kabel koaxial, yang juga digunakan sebagai standart IEEE 802.3. batasan maksimum jumlah repeater yang dapat digunakan untuk satu segmen adalah empat. Berikut ini adalah tabel jenis kabel koaxial dengan spesifikasinya (Tabel 5.2).
Tabel .2 Tabel Jenis Coaxial Dan Spesifikasinya
Sifat
10 Base 5
10 Base 2
Kecepatan
10 Mbps
10 Mbps
Panjang segmen maksimum
500 m
200 m
Bentang jaringan maksimum
2500 m
1000 m
Simpul per segmen
100
30
Selang antar simpul
2.5 m
0.5 m
Diameter kabel
0.4 in
0.25 in

Pada gambar .16 menunjukkan repeater pada topologi bus.
Gambar .16 Repeater pada topologi bus

  1. Sistem baseband bertopologi star
sistem yang dimaksud disini adalah sistem yang secara fisik bertopologi star, tetapi secara logika bertopologi bus, seperti yang terlihat pada gambar 5.17. susunan jaringan yang tergambar menggunakan kabel twisted pair, dengan protokol Ethernet. Kabel jenis ini disebut 10 Base T, yang berkecepatan 10 Mbps dan memiliki panjang segmen maksimum 100 m.
Gambar .17 Repeater pada topologi star
  1. Sistem baseband bertopologi ring
pada sistem standart IEEE 802.5, repeater digunakan pada setiap simpul (node) jaringan seperti yng ditunjukkan pada Gambar 5.18.


Gambar .18 Repeater pada topologi ring



[ lanjut baca > Pengertian & pembahasan Bridge >

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar dengan sopan sesuai topik yang dibahas. Mohon tidak meninggalkan URL. Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon