Saturday, April 16, 2016

PENGERTIAN WWW (World Wide Web)

Advertisement


    World Wide Web adalah aplikasi yang paling menarik di internet dan seperti email. Aplikasi ini sangat penting dan banyak sekali digunakan. Dari WWW ini kita bisa mendapatkan informasi tidak hanya teks tetapi juga gambar maupun multimedia. Informasi yang diletakan di WWW disebut dengan homepage dan setiap homepage mempunyai alamat masing-masing.
    Untuk dapat menarik perhatian pengguna sehingga pengguna akan sering mengunjungi omepage ini, maka homepage harus dirancan semenarik mungkin dan banyak terdapat informasi yang jelas. Nantinya masalah homepage atau WWW ini akan diulas suatu system secara rinci dalam bab-bab berikutnya. WWW terdiri dari 2 bagianyang utama yaitu : Server Web . Komputer dan software yang menyimpan dan mendistribusikan data ke computer lain lewat internet yang meminta informasi tersebut.
    Browser Web. Software yang beroperasi di seetiap computer pribadi (client) yang meminta informasi dari srver web dan menampilkannya sedemikian rupa sehingga datanya dapat langsung diakses.
    Untuk menggunakan WEB, setiap orang memerlukan komputer dengan software browser web dan modem yang terpasang. Setelah browser we dijalankan, komputer berhubungan dengan penyelenggara layanan internet (internet service provider- ISP) yang sebelumnya telah memiliki langganan. Browser \a \ \i diberi dengan cara mengirimkan suatu halaman informasi . Halaman ini bisa berupa tulisan dengan berbagai ukuran, gambar, atau gabungan antara keduanya. Ada beberapa tulisan dan gambar yang berwarna lain atau digaris bawahi yang menunjukan bahwa ada informasi lanjutan di dalamnya . Yang dibutuhkan setiap orang agar bisa mendapatkan informasi lanjutan tersebut adalah dengan cara mengarahkan mouse dan meng-kliknya, dan remote server weeb akan merespon dengan cara mengirimkan informasi yang sesuai pula. Selain tulisan dan gambar, informasi yang bisa ditampilkan atau dilakukan adalah :
 . Film dan animasi
 . Gambar bergerak
 . Dokumen suara dan suara tepat waktu
 . Database dan katalog
 . Program yang langsung dapat dijalankan dari komputer
 . Kesempatan untuk mengirimkan informasi kepada pemilik situs web
    World Wide Webbarangkali bisa menjadi lonjakan informasi yang sangat berpengaruh disbanding TV sejak internet menunjukan hal itu adalah benar. Semakin banyak orang dapat mengakses Web lewat layanan online atau langsung lewat ISP, banyak pula organiasi akan lebih focus dengan menggunakan Web untuk mempertahankan pelanggannya tetap bisa menerima informasi tentang informasi-informsi produk baru,, melakukan transaksi bisnis, dan menyelenggarakan layanan konsumen.
    Sejarah muunculnya web atau WWW adalah sebagai berikut : sampai dengan awal1980an, apa yang sekarang disebut sebagai internet adalah sesuatu jaringan yang relatifkecil yang disebut dengan ARPAnet. Jaringan mini ini khususnya digunakan  untuk peralatan penelitian selama 15 tahun. Setelah internet  dibuat oleh banyak universitas dan instansi pemerintah , lalu mereka bisa bisa menggunakanya untuk melakukan pertukaran data dan mendistribusikannya. Meski pada awalnya internet  secara khusus digunakan untuk dunia pendidikan, organisasi komersial merealisasikan suatu hal yang potensial dari internet dan memanfaatkannya secara baik.
    Web dibuat untuk mengatasi masalah distribusi informasi diinternet . Samppai dengan pembuatan internet, hamper semua distribusi informasi dilakukan dengan cara pengiriman email, FTP, Archie dan Gopher. Email (electronic mail) menjadi luas penggunaannya untukpertukaran informasi antara berbagai kelompok dari masyarakat atau perorangan . FTP (file transfer protocol)  elah digunakan untuk mengirimkan dokumen dari satu komponen ke komponen yang lain. Archie adalah suatu prosedur untuk melokasikan berbagai dokumen pada internet. Yang sebelum ini ada, sekian banyak informasi yang ada diinerne tersebar tidak tentuarahnya dan sulit untuk menemukannya. Untuktu, mesiki Anda tahu informasi itu berada di mana, Anda tidak punya cara untuk menemukannya. Hal ini menjadi masalah besar jikaseseorang harus mencari informasi diinternet. Karena infrastruktur suatu oraganisasi informasi yang baik tidak ditmukan, internet tidak dapat digunakan dengan segala potensialnya.
    Sebagai pemecahan masalah ini, Gppher kemudian ditemukan oleh Universitas ichigan. Gopher adalah database informasi yang diatur oleh menu interface secara irarki. Gopher dirancang untuk mempersempit daerah pencarian dari informasi umum ke informasi yang spesifik dengan menawarkan pilihan topic dari berbagai macam lapisan. Untuk memperluas jumlah informasi yang dapat disediakan , gopher terbukti lebih efisien sebagai cara  untuk mengalokasi dan mendistribusi informasi disebarkan oleh cara gopher yang terbatas hanya pada teks, dan melakukan akses informasidi beberapa lokasi dengan tidak begitu baik. Lebih jauh, teknologi informasi internet yang telah kita pakai memiliki beberapa kelemahan, diantaranyanya :
 . Ketergantungan platform
 . Kurangnya standarisasi
 . Keterbatasan menampilkan teks
 . Penggunaan antar muka
 . Kekurangan dari segi keamanan
 . Kebutuhan akan pengetahuan system UNIX
 . Ketidakmampuan akan perluasan ke teknologi yang lebih baru
    Sehubungan dengan keterbatasantersebut dan hal lainnya, metode, platform baru dengan metode yang lebih bebas dan tidak terlallu tergantung, hrus segera ditemukan untuk proses distribusi informas di internet . Hal ini telah dikemukakan oleh labolatorium Fisika Partikel Eropa (European Particle Physics Laboratory) CERN (Conseil European pour la Recherche Nucleaire) di Geneva, Switzerland, saat Hyper Text Markup Language (HTML) dibuat. HTML diolah dari format bahasa dokumen yang disebut Standard Generalized Markup Language (SGML). HTML dirancang untuk menjadi suatu modifikasi bahasa
Dokumen yang sangat mudah dipelajari, digunakan, dan dikirim ke seluruh internet. HTML ialah lebih mudah menggunakan dan mudah dipelajari daripada SGML. Untuk mengirimkan dokumen HTML ke internet, TCP/ IP (Transport Control Protocol / Internet Protocol ) berbasis protocol telah ditemukan. Protokol ini menjadi terkenal dengan istilah Hyper Text Transport Protocol (HTTP). World Wide Web dilahirkan dengan pembuatan HTTP dan HTML.
    Alamat-alamat Web memiliki banyak keterbatasan pada masalalunya dengan belum adanya penyelenggara isi dari Internet. Server web berbicara lewat HTTP untuk mengirimkan dokumen HTML, and browser web menggunakan HTTP untuk menerima dokumen HTML. Browser web menampilkan berbagai obyek, baik yang diam maupun interaktif seperti tulisan, gambar, aplikasi Java dan lain lain.
    Lewat penyatuan teks, gambar, grafik, video, suara dan aplikasi interaktif, WWW telah menjadi media pertukaran informasi yang bisa dibandingkan dengan Gopher. Dengan adanya World Wide Web, seseorang yang mencari suatu informasi akhirnya berhasil untuk menyelami banyak sumber informasi dan dengan mudah berjalan dari satu sumber informasi dan dengan mudah berjalan dari satu sumber yang lain dengan mengikuti bermacam-macam hyperlinks. Hyperlinks adalah objek yang menghubungkan Uniform Resource Locator (URL) halaman web. Saat pengguna mengklik hyperlink, dia akan ditransfer ke halaman yang ditentukan sebelumnya oleh pemilik Web. URL-URL tersebut dapat dibayangkan sebagai alamat-alamat dari halaman web. Setiap halaman web memiliki 1 atau lebih URL yang berhubungan. Dengan bantuan aplikasi khusus dan browser, WWW dengan cepat menjadi kendaraan untuk distribusi text dan multimedia di internet. World Wide Web mencapai kepopulerannya setelah Mosaic, salah satu browser Web yang diluncurkan di tahun 1993 oleh National Center for Supercomputing Applications (NCSA).

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar dengan sopan sesuai topik yang dibahas. Mohon tidak meninggalkan URL. Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon