Wednesday, May 11, 2016

Mau jadi Hacker ? Ketahui dulu tentang apa itu Hacker dan Prinsipnya

Advertisement








Perlu anda ketahui, Proses HACKING adalah bagaimana kita bisa menyusup kedalam sistem oranga lain,tetapi tidak merusak atau melakukan  perubahan. Sedangkan orang yang melakukan kegiatan hacking tersebut disebut sebagai HACKER.
Sebaliknya, seseorang yang merusak sistem orang lain, disebut sebagai CRACKER, Sedangkan aktivitasnya dinamai Cracking.

Berdasarkan RFC 1392, mengenai  Internet User’s Glossary. Definisi Hacker adalah : Individu yang tertarik untuk mendalami secara khusus cara kerja suatu  internal sistem, komputer, dan jaringan. Sedangkan CRACKER adalah individu yang “memaksa: masuk kedalam suatu sistem secara sengaja tampa “izin” dengan tujuan yang “BURUK”

Kedua istilah tersebut sering disalah artikan dan dianggap sama. Padahal secara prinsip, hacking dan cracking jelas jelas sangat berbeda.

Untuk tambahan pengetahuan anda, RFC adalah singkatan dari  Request for Comments, yaitu seri dokumen informasi dan standar internet bernomor yang diikuti secara luas oleh perangakat lunak untuk digunakan dalam jaringan, internet, dan beberapa sistem operasi jaringan, mulai dari Unix, Windows, Linux, Novell Netware, RFC kini diterbitkan dibawah arahan Internet Society (ISOC) dan badan-badan penyusun-standar teknisnya, Seperti Internet Enginering Task Force (IETF) atau Internet Research Task Force (IRTF). Semua standar internet dan uga TCP/IP selalu dipublikasikan dalam RFC, meskipun tidak semua RFC mendefinisikan Standar Internet.
Nah utuk tambahan lagi, berikut saya kasih gambar daftar RFC yang umum digunakan 





Nah, Untuk menjalankan Aksinya, Hacker memiliki prinsip dengan mengikuti kode etik berikut :


  • ·         Jangan merusak sistem manapun secara sengaja, seperti : Menyebabkan crash, overflow, mengubah file index sebuah website. Walaupun ada dalil yang mengatakan mengubah file index sah -ah saja asalkan file aslinya disimpan di sistem yang sama dan bisa di akses oleh administrator.

  • ·         Jangan mengubah file-file sistem selain yang diperlukan untuk mengamankan identitas anda selaku pelaksana aksi hacking

  • ·         Jangan meninggalkan nama asli Anda sendiri ( maupun orang lain ), handle asli, maupun nomor telepon asli disistem apapun yang anda Akses secara ilegal. Mereka bisa dan akan melacak anda.

  • ·         Berhati-hatilah dalamberbagi informasi sensitif. Pemerintah akan menjadi semakin pintar. Secara umum, jika anda tidak mengenal siapa sebenarnya lawan bicara / chat, berhati-hatilah dengan lawan bicara anda tersebut

  • ·         Jangan memulai dengan menargetkan komputer-komputer milik pemerintah. Ya masih ada banyak sistem yang milik pemerintah yang cukup aman untuk di-hack, tetapi resikonya lebih besar dari keuntungannya. Ingat, pemerintah punya dana yang tak terbatas dibanding dengan ISP /perusahaan yang objektifnya adalah mencari profit.

 nah, itulah beberapa prinsipnya, semoga bermanfaat,

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar dengan sopan sesuai topik yang dibahas. Mohon tidak meninggalkan URL. Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon