Saturday, June 18, 2016

Beberapa Mitos gadged yang harus kamu hindari saat ini

Advertisement




Bicara soal mitos memang tiada habisnya, dari jaman dulu hingga sekarang, mitos dapat mempengaruhi kehidupan manusia, banyak sekali mitos mitos didunia ini yang tidak mungkin untuk dijelaskan satu persatu saking banyaknya mitos tersebut, namun kali ini dellze akan membahas beberapa mitos gadged yang selama ini telah menjadi patokan beberapa orang untuk merawat gadgednya, namun yang tidak terduga adalah, jika mitos tersebut masih di gunakan di era gadged modern ini akan membuat gadged rusak !! berikut beberapa mitos yang dellze rangkum dari berbagai sumber :
 
1.       Mitos Baterai ponsel akan rusak jika diisi semalaman
Mencharger ponsel ( Ngecas ) sebelum tidur adalah kebiasaan yang umum dilakukan banyak orang, mungkin kamu salah satunya. Lalu, apakah hal ini bisa mengakibatkan Overload atau merusak baterai?

Jawabannya adalah tidak. Ponsel masa kini sudah cukup "pintar" untuk memutus arus listik secara otomatis ketika baterai sudah terisi penuh, walaupun ia masih tersambung ke charger, jadi buat kamu yang memiliki ponsel masa kini tidak perlu khawatir tentang mencharger ponsel semalaman.

2.       Mitos Jangan pakai ponsel saat di-charge
Menggunakan ponsel saat sedang tersambung ke charger tidak akan berpengaruh buruk pada baterai. Entah digunakan atau tidak, baterai ponsel akan terisi seperti yang seharusnya.

Lagipula, ponsel sekarang seringkali mengaktifkan dirinya sendiri ketika sedang di-charge, misalnya untuk mengunduh update software lewat Wi-Fi ataui sinkronisasi data. Jadi, jangan takut untuk memakai ponsel saat sedang diisi baterainya.

3.       Mitos Internetan adalah kegiatan paling menguras baterai
Kegiatan yang paling menyita kinerja adalah bermain game 3D yang rakus sumberdaya. Apalagi jika game 3D online, Karena itu, bermain game juga merupakan kegiatan yang paling menguras baterai.

Berselancar di internet pun bisa cukup berdampak pada kapasitas baterai, tergantung jenis konten yang diakses. Online gaming dan Streaming / Nonton Video Online seperti Youtube, misalnya, akan lebih cepat mengurangi daya tahan baterai ketimbang browsing konten berbasis teks dan gambar.

4.       Mitos Mematikan Wi-Fi, Bluetooth, dan GPS akan memperpanjang umur baterai
Ketiga fungsi ini hanya akan memakai listrik ketika dijalankan, misalnya GPS yang akan aktif ketika pengguna menjalankan aplikasi pemetaan. Menyalakan Bluetooh, GPS, dan Wi-Fi pun tak akan terlalu berpengaruh pada kapasitas baterai secara keseluruhan.

5.       Mitos Tidak Mematikan komputer akan menghemat energi

komputer dirancang untuk menghadapi siklus mati-hidup (on-off) 40 ribu kali. Bila dipakai secara normal, maka sebuah komputer bisa bertahan selama 5 hingga 7 tahun. Bila dimatikan pada waktunya, kita justru menghemat energi dan memperpanjang usia komputer. Lagi pula energi yang dibutuhkan untuk melakukan booting jauh lebih sedikit dibandingkan energi yang dibutuhkan komputer untuk menyala lebih dari 3 menit.

6.       Mitos Scren Saver akan menghemat energi
screen saver dirancang untuk membantu memperpanjang usia monitor monokrom. Sedangkan kini kebanyakan monitor menggunakan teknologi obsolete.
Dan screen saver dapat menghemat energi hanya jika kita mematikan layar atau pada laptop, mematikan backlight.

7.       Mitos Mematikan laptop / komputer dengan tombol power dapat merusak
Kebanyakan orang mempercayai jika mematikan komputer / laptop dengan langsung menekan tombol power akan merusah komputer, hususnya hardisk, Namun hal itu tidak berlaku untuk komputer / laptop masa kini. Karena  komputer dan laptop yang ada saat ini sudah sangat cerdas dan didesain agar dapat mati dengan 'hati-hati'.
Saat Anda menekan tombol power atau on/off maka komputer akan mengirim perintah pada sistem operasi untuk mematikan semua kegiatan yang ada sebelum akhirnya benar-benar mati. Dengan begitu hardware dan software komputer tidak akan terkena dampak negatif atau kerusakan.

Nah itulah beberapa mitos yang dellze rangkum, semoga bermanfaat

Sumber : Kompas.com, Merdeka.com, hermawayne.blogspot.com,

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar dengan sopan sesuai topik yang dibahas. Mohon tidak meninggalkan URL. Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon