Friday, September 16, 2016

Distro Linux yang cocok untuk pemula

Advertisement

Jika anda membeli sebuah laptop atau komputer baru, namun budged belum mampu untuk membeli OS besutan Microsoft ( Windows ), atau anda ingin bermigrasi Ke OS Linux yang gratis dan Terupdate tentunya, Disini akan kita bahas beberapa OS linux yang cocok untuk pemula. Beberapa OS Linux yang disebutkan disini memiliki kriteria sebagai berikut :
-          Mudah Waktu Pemasangan ( Penginstalan OS )
-          Desktop Environment ( Antarmuka Grafis  ) yang mudah
-          Memiliki Software ( Aplikasi ) bawaan yang mumpuni,
-          Terdapat Software Center untuk mengunduh aplikasi / software tambahan
-          Dukungan Forum atau pengguna yang besar dan aktif

Lalu apa nama distro linux yang memiliki kriteria seperti diatas ?

1.       Linux Mint


Mungkin Ini adalah distro Linux yang paling direkomendasikan untuk pemula yang baru bermigrasi OS Linux.Karena selain mudah dalam penggunaan, Linux Mint juga memiliki sejumlah Keunggulan, apa kenggulannya?  Anda dapat membacanya di Kelebihan dan kekurangan linux mint
Jika anda mendownload Linux Mint, ada beberapa versi yang akan anda pilih, yaitu versi Cinnamon,  Mate, Xfce dan KDE, dari beberapa destop tersebut yang lebih umum adalah versi Cinnamon,  baca juga : Kelebihan dan kekurangan desktop Cinnamon, Mate, Xfce dan KDE
Setelah anda menginstal, terdapat beberapa aplikasi bawaan yang cukup lengkap untuk pengguna umum, yaitu VLC untuk memutar music ataupun video, LibreOffice untuk aplikasi perkantoran ( Alternatif dai Microsoft Office ) dan GIMP untuk editor Gambar .

2.       Ubuntu


Ubuntu merupakan Distro Linux yang populer, banyak forum yang mengulas tentang distro ini, dengan desktop andalanya yaitu Unity Destop, yang simpel, ringkas dan mudah dalam penggunaan, Ubuntu juga memiliki kelengkapan software yang Luarbiasa, hampir yang anda butuhkan tersedia, karena banyaknya software yang disediakan, banyak distro linux yang menjadikan ubuntu sebagai basisnya, seperti Linux Mint dan masih banyak lagi.
Saat anda melakukan Instalasi ubuntu, anda akan menemui Opsi untuk Instalasi paket Ubuntu Extras. Paket ini berfungsi untu memutar Mp3, Memutar Flash, dan memasang beberapa font tambahan. Ketiga fungsi paket tersebut, merupakan komponen proprietary yang mewajibkan pengguna setuju pada serangkaian syarat dan ketentuan penggunaan.
Dukungan bagi pengguna ubuntu, baik pemula ataupun mahir sangat mudah ditemukan, seperti forum di Ask Ubuntu, komunitas Ubuntu di Sosial Facebook dan masih banyak lagi.
Catatan : Jika anda ingin memutar video, maka anda harus memasang paket ubuntu restrisced extras. Atau memasang aplikasi pemutar video atau musik dari pihak ketiga seperti VLC.

3.       PC LINUX OS


Salah satu distro linux yang berbasis non-Debian, ataupun Ubuntu. Distro ini juga memiliki pilihan dektop environment, dan umunya menggunakan desktop KDE.
Selain itu. Distro ini memiliki panduan installer yang mudah, dan distro ini juga menyertakan aplikasi / software bawaan yang lengkap, seperti aplikasi Perkantoran, pemutar video atau musik,  beberapa game,  pengolah grafis dan dropbox.
Distro ini menggunakan Synaptic yang lebih ringan dari pada Software Center yang kebanyakan dipakai dibeberapa distro. Anda disarankan untuk memahami beberapa menu terutama pemahaman terhadap repositri saat mendownload aplikasi

4.       Zorin OS

Pengembangan distro ini ditunjukkan untuk memudahkan para pengguna yang ingin bermigrasi ke OS lInux dan pengguna sudah terbiasa dengan antarmuka windows. Dan uniknya lagi, distro ini menyajikan beberapa opsi tampilan, yakni tampilan bergaya Windows XP dan Windows 7.

Untuk memanjakan pengguna. Distro ini sudah terinstal Playon Linux, yang berfungsi untuk menginstal aplikasi windows di Linux . jika anda ingin menggunakan linux yang memiliki antar muka ala windows, maka distro ini menjadi pilihan.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar dengan sopan sesuai topik yang dibahas. Mohon tidak meninggalkan URL. Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon