Saturday, September 17, 2016

INI LAH !! Penyebab, Solusi dan Seluk beluk virus smartphone Android

Tags
Advertisement


Kepopuleran smartphone android. Menciptakan banyak hal positif maupun negatif. Banyak orang yang memanfaatkan kepopulerannya sebagai peluang bisnis untuk meraup keuntungan, namun tidak semuanya berdampak positif, salah satunya adalah penyebaran virus akibat ulah orang yang tidak bertanggung jawab demi meraup keuntungan lebih. Tahukah anda? Jika salah satu virus tersebut menyusup ke ponsel android anda, bisa jadi informasi pribadi seperti akun, kartu pembayaran, PIN dan informasi sensitif lainnya akan diketahui oleh pihak tak berwenang. Yang berujung merugikan anda. Untuk itu ketahuilah tips tips dan pembahasan tentang virus di android dibawah ini.




Sumber Virus Android
Banyak sekali sumber  terinstalnya virus di android, namun disini akan membahas menurut pegalaman admin, diantaranya :

Download Aplikasi diluar Play Store
Ini merupakan kemungkinan terbesar dari sumber terinstalnya virus, untuk download aplikasi  yang anda butuhkan disarankan melalui playstore. Karena peluang terinveksi virus sangat kecil walaupun tidak 100% aman.  Misalnya anda mendownload aplikasi dari hasil pencarian di google search ( bukan playstore ) lalu selesai mendownload langsung anda pasang tampa melihat ciri-ciri dari aplikasi yang anda butuhkan.

Mengunjungi Situs Situs Berbahaya
Mengunjungi situs-situs tertentu memanglah wajar bagi seorang netter, namun untuk anda yang masih newbie terhadap dunia internet, berhati-hatilah disaat anda mengunjungi situs tertentu, husunya situs yang berbau konten dewasa,  disitulah rata-rata para pembuat virus menempatkannya, dan akan ikut terdownload  bersamaan dengan konten yang  anda download, atau anda akan dialihkan kesitus tertentu guna mendownload file traget, yaitu virus.  Untuk itu gunakan browser yang  benar benar aman, serta dilengkapi dengan download manager, fungsinya untuk mengontrol file yang akan didownload, dan jangan lupa kenali ekstensi file yang ingin anda download, semisal anda ingin mengunduh sebuah lagu dengan format .mp3 namun saat ada popup konfirmasi download dari browser dan file tersebut bukan berbentuk .mp3 melainkan bentuk APK maka berhati hatilah, gagalkan download dan segera tinggalkan situs tersebut, karna file apk tadi kemungkinan adalah VIRUS.

Mengeklik Iklan popup situs yang berkedok keamanan android
Pernahkah anda mengalami hal ini? 
Saat browsing suatu situs  muncul popup peringatan “ Android anda sudah usang” atau “ android anda terinveksi virus” , jika anda mengalami hal seperti ini, jangan klik tombol OK atau klik apapun pada popup tersebut, tinggalkan langsung situs tersebut, karena itu hanya akal akalan si pembuat aplikasi untuk menginstallnya di smartphone anda. yang dikhawatirkan adalah aplikasi tersebut merupakan VIRUS!!!

Membuka email dari orang atau sumber tak dikenal,
Walaupun saat ini kebanyakan email dapat mengenali spam otomatis. Tidak jarang pengguna penasaran untuk membuka isi email tersebut, dan membuka link yang terdapat pada isi email. Untuk membuat pengguna tertarik, sipembuat biasanya mengirimkan informasi tentang promo, undian, dan info menarik lainnya. Maka anda haruslah bijak untuk menentukan email berbahaya dan tidak.

Versi Lain munculnya virus di Android
Selain diatas, ada beberapa sumber munculnya virus di android,  yakni dengan adanya popup update sistem. Dari pengalaman rekan-rekan admin, notifikasi tersebut muncul di layar home, bisa jugamuncul dimana saja saat anda bermain ponsel. Jika anda pernah mendapat notifikasi tersebut, berhati hatilah, jangan langsung klik tombol Update / Upgrade walaupun disitu tertulis “ jika melakukan update akan membuat ponsel semakin cepat, hemat baterai, dan fitur baru “ anda jangan mudah tergiur, jika  ragu tentang update tersebut, sebaiknya  mengunjungi situs resmi vendor yang anda gunakan, dan untuk memastikan adanya update, anda bisa memeriksanya di Settings > About Phone > Update System . atau bisa langsung menuju aplikasi update bawaan ponsel.

Gejala serta ciri-ciri  Android sudah terinveksi Virus ataupun malware
Untuk mengetahui ciri-cirinya dapat dilihat dari jenis virus yang menginfeksi android tersebut. Namun dari pengalaman admin, gejala dan ciri-ciri smartphone android sudah terinfeksi virus terdapat beberapa tahap, yaitu :
Tahap Awal ( Pengembangan )
Pada tahap awal ini, kebanyakan smartphone yang terinfeksi tidak menunjukkan tanda tanda mencurigakan, namun jika dilihat dari segi pemakaian kuota internet dan daya beterai  virus ini tergolong boros. Bisa jadi kuota tersebut digunakan untuk mengirim informasi kepada si-pembuat ataupun untuk mendownload virus tambahan guna memperkuat ekosistemnya, yang pasti  memakan banyak daya baterai sehingga ponsel cepat panas walau dibiarkan. Untuk itu, anda disarankan selalu mengontrol total penggunaan kuota di smartphone anda. dan gunakan seperlunya.
Tahap Sedang ( Memodifikasi  Sistem )
Saat smartphone yang terinfeksi memasuki tahap sedang, akan menunjukkan gejala tertentu ( tergantung jenis virus / malware ). Dari kebanyakan virus yang beredar, pada tahap sedang akan mengakibatkan smartphone menjadi lambat atau lemot, karena virus menggunakan banyak CPU dengan penuh untuk melancarkan aksinya,  daya tahan baterai smartphone juga menurun drastis akibat penggunaan sistem yang berlebihan. 
Dan pada tahap ini pula smartphone sering memunculkan popup yang mengganggu. Contoh popup tersebut adalah “Unfortunately Measure Has Stopped” atau yang lainnya seperti Adobe Air, Time services, Monkey Test, dan masih banyak lagi. Anda bisa dibuat kesal karena popup yang tak kunjung berhenti walaupun smartphone sudah direstart.

Tahap Puncak ( Kegagalan Sistem )

Jika smartphone yang terinfeksi virus sampai ditahap ini, akan berdampak pada kegagalan sistem, karena virus sudah memodifikasi data data penting disistem seperti app di direktory /system/priv-app dan masih banyak lagi, yang bisa mengakibatkan smartphone gagal booting ( bootloop ) yaitu smartphone selalu berhenti di  logo atau di boot animasi. Jika sudah seperti ini, untuk mengatasinya adalah flash ulang smartphone, baik stock rom maupun yang custom rom. Walaupun masih ada trik yang digunakan selain flash, seperti menghapus file melalui recovery mode dengan aroma file manager, namun untuk tingkat keberhasilannya sangat sulit, butuh keuletan dan ketelitian yang tinggi.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar dengan sopan sesuai topik yang dibahas. Mohon tidak meninggalkan URL. Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon