Saturday, September 17, 2016

MENGATASI ANDROID BOROS QUOTA INTERNET

Tags
Advertisement


Di-Era smartphone saat ini, hampir semua kegiatan menggunakan akses internet, semisal untuk kirim email, sosial media, streaming youtube atau sekedar baca-baca artikel, mungkin sebagian dari anda pengguna android merasa ada yang tidak wajar dalam penggunaan quota internet. Jika anda hanya menggunakan sebagai akses email, sosial media, aplikasi chatting, dan penggunaan yang tidak terlalu boros quota  kecuali, untuk download konten besar, straming video youtube, instagram, facebook dan streaming lainnya. Maka anda perlu memeriksa setelan android anda. Karena sebagian besar aplikasi yang ada pada smartphone saat ini sudah auto update, artinya jika ada akses internet maka aplikasi akan langsung update dilatar belakang ( background usage , jika hanya 1  aplikasi ringan tidaklah bermasalah, namun bagaimana jika hampir separuh dari total aplikasi yang anda miliki terupdate otomatis? Mungkin akan berakibat quota cepat hangus, kecuali jika anda terhubung dijaringan Wi-Fi atau quota unlimited. Lalu bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Berikut ulasannya :

Kemungkinan penyebab boros kuota

-          Setelan auto-update aplikasi di google playstore
-          Setelan dari aplikasi itu sendiri,
-          Terserang malware atau virus

Setelan auto update aplikasi di playstore

Umumnya auto update otomatis di Play Store sudah disetel otomatis jika tersambung Wi-Fi, namun ada baiknya anda cek ulang, tidak ada yang menjamin jika semua playstore disetel otomatis updatenya lewat wifi. Bagaimana caranya ? Cukup masuk Aplikasi Play Store > Settings > Auto-Update apps > Pilih opsi  Auto-update apps over Wi-Fi only atau Do not auto update apps. 

Saran dari admin, lakukanlah update aplikasi secara manual, karena akan lebih terkontrol dalam hal penggunaan quota maupun daya.


Setelan dari aplikasi itu sendiri

Jika langkah diatas sudah anda lakukan, ada baiknya anda memeriksa disetelan ponsel, caranya buka  Settings > Date Usage > Pilih nama sim yang digunakan akses internet, semisal XL> Disitu ada keterangan penggunaan kuota per aplikasi, cari aplikasi yang jarang anda gunakan, namun memiliki penggunaan kuota, contoh disini aplikasi yang dipilih adalah Facebook, anda bisa melihat total penggunaan quota, Jika penggunaan foreground ( Latar Depan ) lebih banyak, maka itu wajar, namun jika penggunaan lebih banyak di  Background ( latar belakang ) maka perlu anda waspadai, jika anda ingin memberhentikan penggunaan quota latar belakang cukup tekan opsi Restrict background data ( Batasi data latar belakang )


Catatan :
Cara tersebut hanya berlaku untuk android 4.0 + ( ICS dan Versi terbaru )
Data latar belakang tidak semua sia sia, contohnya aplikasi facebook yang selalu update tampa harus membuka aplikasinya, juga membutuhkan data latar belakang, dan jika anda batasi, kemungkinan besar auto update itu tidak berfungsi normal.
Sebagai tambahan, batasi data latar belakang aplikasi yang jarang anda pakai, bahkan tidak pernah, ini akan meminimalisir datangnya malwere diperangkat android anda.


Android anda terkena malware


Cara diatas sudah cukup manjur untuk mengelola quota, namun jika semua cara diatas sudah anda lakukan namun hasilnya nihil, kemungkinan besar android anda terserang malware / virus sejenis Monkey Test, AndroidSystem dan masih banyak lagi. Baca juga " Gejala dan Ciri smartphone terkena virus"
malware tersebut berkedok ( menyamar ) sebagai aplikasi sistem android,dan juga berdampak borosnya penggunaan quota, munculnya banyak popup ( jendela ) yang menggangu, atau yang paling parah adalah Boot Loop!

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar dengan sopan sesuai topik yang dibahas. Mohon tidak meninggalkan URL. Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon