Sunday, September 11, 2016

Penemuan yang mengubah Dunia

Tags
Advertisement

Seperti yang kita lihat sekarang ini, dunia begitu cepat berkembang seiring berjalannya waktu, namun pernahkah kita berfikir tentang perubahan dunia yang semakin wah? Disini dellze akan merangkum beberapa penemuan yang membawa perubahan besar perdaban di bumi yang saya ambil dari beberapa sumber.

gambar : Ilustrasi perubahan dunia


1.      Penemuan Listrik


   Listrik adalah sebuah penemuan yang paling berharga dalam kehidupan, listrik dijaman sekarang ini merupakan hal wajib untuk dimiliki, karena hampir seluruh alat yang kita miliki bergantung pada suber listrik, seperti HP, TV, KULKAS dan maasih banyak lagi, 1 Hari tampa listrik terkadang akan membuat kita cemas, mungkin sudah terbiasa bergantung pada sumberdaya listik. Lalu Siapakah yang pertama kali menemukan listrik? –Ada beberapa pendapat yang menyatakan bahwa listrik pertama kali ditemukan oleh Thales. Ia adalah cendikawan Yunani yang menemukan fenomena dari batu ambar yang jika digosok-gosok bisa untuk menarik bulu. Beberapa pendapat lainnya, menyebutkan kalau Michael Faraday lah yang pantas dijuluki sebagai Bapak Listrik , Karena usaha dan penemuannya menjadi sangat bermanfaat dan mempengaruhi kehidupan dan perkembangan hidup didunia.


22.      Penemuan Lampu


  Jika menjelang Petang, apa yang biasa kita lakukan dirumah? Sebagian besar pasti melakukan kegiatan rutin, yakni menghidupkan lampu rumah, Lampu merupakan alat yang begitu penting bagi kehidupan, hususnya dimalam hari, dimana kita sangat membutuhkan alat yang satu ini, ada banyak jenis dari lampu, namun dijaman modern ini, hampir keseluruhan menggunakan energi listrik, lalu siapakah penemu alat ini ( lampu ) ? dari beberapa sumber terpercaya, Thomas Alfa Edison-lah yang dijuluki Bapak Lampu atau penemu dari lampu.  Singkatnya, Thomas memulai percobaannya untuk menciptakan lampu listrik, namun percobaanya gagal sampai puluhan bahkan ratusan kali, namun Ia tetap semangat, dan tidak menganggap dirinya gagal, dari kesekian banyaknya kegagalan, selalu muncul ide-ide terbarunya untu mewujudkan impiannya itu, dan Ia berhasil menciptakan lampu yang begitu berguna untuk kehidupan.

33.      Penemuan Komputer


Komputer sudah banyak membantu pekerjaan manusia, mulai dari yang biasa seperti menulis dokumen, sampai yang sulit seperti desain, keperluan bidang kesehatan dan alam. Hampir semua industri dan perusahaan memanfaatkan komputer untuk membantu menyelesaikan tugas, namun tahukah kamu siapa sih penemu dari alat canggih ini? Belum ada yang pasti siapa pencetus penemu komputer. Jika dilihat dari beberapa sumber, komputer melalui beberapa generasi, seperti komputer generasi pertama, kedua, ketiga, keempat dan kelima, namun yang menonjol dari segi fisik, fitur dan kerjanya, komputer generasi ketiga ( era 1964-1970 )-lah yang sifatnya menyerupai komputer saat ini, karena generasi ini sudah menerapkan sistem operasi serta penggunaan IC.

44.      Penemuan Handphone


Handphone dijaman sekarang ini bukanlah barang mewah lagi, kareba mayoritas orang dipenjuru dunia sudah memiliki barang yang satu ini, selain portable, dengan handphone kita akan mudah terhubung dimanapun, kapanpun dengan orang juga memiliki handphone, lalu siapa penemu alat yang satu ini?
Dr Martin Cooper, mantan karyawan Motorola, adalah penemu handphone pertama. Pada tahun 1973 Dr Cooper membuat handphone pertama. Penerima panggilan dari handphone yang pertama kali adalah Joel Angel, kepala penelitian AT&T Bell Labs, sekaligus saingan Dr Cooper. Namun ada juga cerita lain yang mengatakan bahwa Dr Cooper hanya membangun telepon radio dan penemu handphone sebenarnya adalah AT&T Bell Labs Technology.

55.      Penemuan Internet & Web Site



  Saat kamu membaca artikel ini, menemukan kata internet mugkin kamu sudah tidak asing lagi dengan nama itu. Internet sudah menjadi tren dan kebutuhan sehari-hari untuk mendapatkan informasi, sekaligus bisa terhubung ( online ) dengan teman-temanmu berkat adanya sosial media seperti facebook dan sejenisnya, namun internet hanyalah sebuah jembatan untuk mencari informasi, Internet akan terasa bermanfaat dengan adanya Web Site yang merupakan wadah dari informasi yang kita cari. Lalu siapa penemu internet?
Leonard Kleinrock mulai disebut bapak dari internet, atas keberhasilannya menciptakan internet pada tahun 1969 tepatnya di tanggal 29 oktober. atas penemuan internet ini, ia dijuluki sebebai ilmuan besar abad ini. Penemuan internet ini sebenarnya didasarkan atas ketidaksengajaan Leonard Kleinrock dalam memecah beberapa kode digital dan kemudian menjadikannya paket terpisah satu sama lainnya. Berkat kejeniusannya ini, Leonard Kleinrock kemudian menjadi salah seorang pelopor atau pionir sistem jaringan komunikasi berbasis digital dan ia juga ikut masuk ke dalam tim yang membantu proses pengembangan ARPANET.
Lalu siapa penemu dari Web Site?
Penemu website adalah Sir Timothy John ¨Tim¨ Berners-Lee ,


66.      Penemuan Pesawat Terbang


  Dengan Pesawat terbang, kita bisa dibelahan bumi mana saja dengan cepat, lewat jalur udara, penemuan ini sangat berpengaruh dalam dunia transportasi antar kota, negara, benua, bahkan dengan perkembangan teknologi, bisa mengantarkan manusia antar planet!
Kembali ke topik, siapa penemu dari pesawat terbang?
Wright bersaudara (Wright brothers), Orville (19 Agustus 1871 - 30 January 1948) dan Wilbur (16 April 1867 - 30 May 1912) adalah dua orang Amerika yang dicatat sebagai penemu pesawat terbang karena mereka berhasil membangun pesawat terbang yang pertama kali berhasil diterbangkan dan dikendalikan oleh manusia pada tanggal 17 Desember 1903. Dua tahun setelah penemuan mereka, kedua bersaudara tersebut mengembangkan 'mesin terbang' mereka ke bentuk pesawat terbang yang memakai sayap yang seperti sekarang kita kenal. Walaupun mereka bukan orang yang pertama membuat pesawat percobaan atau experiment, Wright bersaudara adalah orang yang pertama menemukan kendali pesawat sehingga pesawat terbang dengan sayap yang terpasang kaku bisa dikendalikan.


Nah itulah beberapa penemuan yang mengubah dunia versi Dellze, masih banyak penemuan penemuan penting yang mengubah dunia yang tidak dapat dise utkan dalam satu artikel kali ini, karena keteebatasan, dan tunggu update dari artikel ini untuk melengkapi judul diatas.


Artikel Terkait

Silahkan berkomentar dengan sopan sesuai topik yang dibahas. Mohon tidak meninggalkan URL. Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon