Wednesday, October 26, 2016

Aspek yang meliputi Sistem Keamanan Jaringan Komputer

Advertisement

Sistem keamanan  pada jaringan / computer melingkupi empat aspek, yaitu Availabity, Confidentiality, Integrity, dan Authentication. Jika empat aspek tersebut dihubungkan maka akan menghasilkan diagram seperti dibawah ini :

 Untuk menambah pengetahuan, berikut ini adalah beberapa pembahasan dari 4 aspek yang telah disebutkan diatas,

1.       Confidentialiy

Confidentiality, bisa juga disebut dengan Privacy, Confidentiality atau Privacy didalamnya mencakup informasi kerahasiaan, Inti dari aspek ini adalah, bagaimana cara menjaga informasi agar tidak dilihat ataupun diakses oleh pihak yang tidak berhak atau berwenang, Sebagai contohnya, Anda mempunyai E-Mail yang tidak boleh dibaca oleh seseorang, dan salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan menggunakan Enkripsi. Kita dapat menggunakan enkripsi untuk setiap dokumen ataupun informasi lainnya yang dianggap rahasia.  Enkripsi yang anda buat, dapat berupa sebuah password.

2.       Integrity

Integrity atau integritas mencakup kebutuhan informasi, Inti atau tujuan dari aspek integrity adalah bagaimana cara menjaga informasi agar tetap utuh, cara agar informasi tidak dapat diubah, kecuali mendapat izin dari pemilik informasi. 

3.       Authentication

Authentication atau autentikasi adalah suatu proses pengenalan dari sekelompok peralatan, system operasi, kegiatan, aplikasi, dan identitas user. Autentikasi bertujuan untuk mengetahui pemilik asli atau pemilik yang sah dari suatu informasi yang diberi Enkripsi atau Perlindungan Akses.  Contohnya, Jika anda pergi ke ATM ingin mengambil ataupun mentransfer uang, maka anda diharuskan mengisi PIN atau password, saat anda memasukkan password lalu anda menekan Enter, maka akan dilakukan proses Authentication untuk melakukan kecocokan password yang anda berikan, jika cocok, maka system percaya jika anda adalah pihak berwenang untuk mengakses data / informasi yang terenkripsi tersebut, dan system  akan memberikan anda ijin akses, namun jika saat proses authentication tidak terdapat kecocokan, maka system tidak akan memberikan ijin akses terhadap data / informasi tersebut.

4.       Availability

Aspek ini berhubungan dengan ketersediaan data atau informasi yang tersimpan. Misalya, anda merequest sebuah informasi terhadap server, lalu server akan memproses permintaan itu untuk dikirim ulang kepada anda. 
Aspek Availability juga kerap mendapat serangan DOS( denial of service ) Attack, dimana server dikirimi request atau permintaan palsu secara bertubi-tubi sehingga server tidak dapat melayani permintaan lain, yang akan mengakibatkan server overload. Anda dapat membaca lebih laengkap tentang serangan DOS attack di Artikel Jenis Jenis Serangan DOS Atau serangan DDOS di artikel 

Artikel Terkait

1 komentar dari Sahabat so far

Silahkan berkomentar dengan sopan sesuai topik yang dibahas. Mohon tidak meninggalkan URL. Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon