Saturday, October 8, 2016

Cara Akses FTP Server Menggunakan Command Prompt ( CMD )

Advertisement

Selain menggunakan Windows Explorer untuk mengakses server FTP,, anda juga dapat menggunakan Perintah di CMD ( Command Prompt ).
Untuk melakukanya, buka CMD dengan cara menekan tombol [logo Windows + X] untuk windows 8 - 10, atau menggunakan pencarian di menu start dengan kata kunci CMD atau Command Prompt untuk windows 7 -8 - 10

Setelah CMD terbuka Ketik perintah ftp dan tekan tombol [enter], maka akan tampil tulisan ftp> di cmd. Untuk menyambung ke server. ketik Open diikuti dengan alamat dari server FTP. Misalnya anda ingin menghubungkan ke server FTP Microsoft maka anda ketik perintah dibawah ini
open ftp.microsoft.com
Kemudian anda akan diminta untuk memasukkan username dan password. Namun jika anda tidak mempunyai username, cukup ketikkan Anonymous dan paswordnya kosong ( langsung tekan enter ).

Ketika anda terhubung, anda dapat menavigasi server FTP dengan menuliskan perintah dir dan cd. Untuk melihat isi direktory ( isi folder ) ketik perintah :
dir
Untuk membuka atau ingin masuk ke direktori lain, ketik perintah :
cd  diikuti dengan nama direktori, contohnya seperti gambar dibawah ini: 


Untuk mengupload atau mendownload file, gunakan perintah get ( untuk download ) dan push ( untuk upload )
misalnya, untuk mendownload sebuah file bernama index.txt maka perintah yang diketik adalah get index.txt seperti gambar dibawah ini.


untuk mengupload file, contoh perintahnya adalah  : put "C:\Users\Yourname\file.xxx
Misalkan ingin upload file Musik.mp3 di direktory D\data\lagu maka perintahnya  : put "D:\data\lagu\Musik.mp3
setelah semua selesai, dan anda ingin keluar, maka cukup ketik perintah dibawah ini dan tekan enter
quit
 
Sementaea aplikasi seperti CyberDuck atau Filezilla menawarkan banyak fitur canggih dan kemudahan untuk kegiatan FTP, yang tidak dimiliki bawaan Windows

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar dengan sopan sesuai topik yang dibahas. Mohon tidak meninggalkan URL. Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon