Saturday, October 8, 2016

cara membercepat pencarian atau search index di windows 7, 8, 8.1, 10

Advertisement



Pada sistem operasi windows, terdapat fitur pencarian atau dikenal juga dengan sebuatan windows  search index, yang memungkinkan anda mengakses aplikasi, file dan lainnya dengan cepat tampa harus menuju sumber folder, yakni cukup mengetikkan nama file atau aplikasi di start atau pencarian lainnya.
Namun dalam beberapa kasus, search index terdapat masalah seperti hasil pencarian / search sangat lama atau bahkan tidak berfungsi. dan bagaimana cara mengatasi hal tersebut ?? berikut tips dan tutorialnya  : 

Mempercepat Indexing dengan mengatur beberapa lokasi secara manual

Cara terbaik untuk mempercapat pencarian adalah dengan mengatur jumlah kategori file yang di index. Misalnya, jika anda tidak teratur melakukan pencarian di drive C: maka komputer akan melakukan index di seluruh hal. dan itulah penyebab lamanya pencarian. Contohnya jika anda melakukan indeks file Databaru.xls atau anda hanya menulis databaru saja dan yang pastinya target filenya berupa dokumen excel. mengapa harus repot-repot mencari file yang lain seperti di folder cache atau di folder system??
Untuk mengubah opsi pengindeksan, buka start > lalu tulis Indexing Options dan tekan enter.


setelah muncul jendela " Indexing Options" klik tombol Modify
Dan kemudian muncul jendela " Indexed Locations " untuk memilih folder yang ingin anda sertakan dalam indeks,

dan pilihlah folder mana saja atau drive mana yang ingin anda sertakan dalam pencarian, dan itulah cara untuk mempercepat Windows Search Index.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar dengan sopan sesuai topik yang dibahas. Mohon tidak meninggalkan URL. Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon