Wednesday, March 27, 2019

Cara Menghubungkan Windows ke FTP Server Tanpa Software ( For Windows 7, 8, 8.1 and 10 )

Advertisement

Jika anda ingin mengakses FTP Server di OS Microsoft Windows, mungkin anda akan menggunakan software FTP yang memiliki banyak fitur, namun tahukah anda ? Jika di OS Windows itu sendiri sudah ada beberapa cara untuk menghubungkan ke FTP untuk mendownload ataupun upload file dalam keadaan darurat tampa harus instal software pihak ketiga. Lalu bagaimana caranya  ? Simak tutorial dibawah ini dengan cermat !




 Cara Akses FTP Server Menggunakan Windows Explorer


File manager bawaan Windows, yaitu  Windows Explorer versi Windows 7, 8, dan 10. memungkinkan anda untuk dapat mengakses ke server FTP.
Untuk menghubungkan ke server FTP, caranya Buka Windows Explorer dengan menekan tombol  [ Logo Windows + E ]. Setelah terbuka Klik kanan pada This Pc Untuk windows 10 dan 8.1, atau Klik Computer Untuk windows 8 dan 7. lalu pilih Add a Network Locations.



  Setelah itu akan muncul jendela baru dan pilih Chose a custom network locations


Setelah anda mengeklik. maka akan muncul dialog untuk mengisi alamat FTP Server. dan masukkan alamat FTP server tujuan anda dalam bentuk alamat ftp://server.com, dan  sebagai contohnya kita akan menggunakan FTP server dari Microsoft, alamatnya yaitu ftp://ftp.microsoft.com dan tekan [Enter].


Saat anda terhubung ke server FTP, Anda akan dimintai Username dan Pssword. Jika anda tidak memiliki Username dan Password. Anda dapat memeriksa tulisan Log on anonim yang disampingnya terdapat kotak untuk dicentang.setelah itu anda akan masuk ke server tampa Username dan Password. Kelemahan Login  tidak menggunakan akun yaitu akses ke server menjadi terbatas, dan tidak dapat mengupload file, namun tetap bisa download file yang sudah disediakan untuk umum. Namun jika anda memiliki username, masukkan username anda dikotak tadi. dan hilangkan centang di kotak Log on anonym.


Naah sekarang anda akan diminta untuk memasukkan nama untuk lokasi jaringan. Masukkan nama apapun yang anda suka dan mudah diingat.


situs FTP Akan muncul dengan nama yang anda masukkan tadi
Setelah selesai, Situs FTP akan muncul di bawah Network Locations yang berada di bar kanan. Selesai



Itulah cara menghubungkan ke ftp server menggunakan windows explorer.
___________________________________________________________________________________

Selanjutnya Cara akses server FTP Menggunakan CMD

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar dengan sopan sesuai topik yang dibahas. Mohon tidak meninggalkan URL. Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon