Wednesday, October 26, 2016

Lagkah Dasar Keamanan Jaringan Komputer

Advertisement

Teknologi komputer, informasi, dan komunikasi telah berkembang pesat. Dengan meningkatnya pengetahuan masyarakat dalam bidang teknologi ini, banyak muncul penyalahgunaan dalam penggunaan   teknologi komputer, yang kemudian meningkat menjadi tindak kejahatan dunia maya atau dikenal juga dengan Cybercrime. Hal ini jelas akan akan mengganggu jalannya dunia bisnis di dunia cyberspace dimana banyak pegguna yang sangat dirugikan.
Dari berbagai sistem computer dan jaringannya dibangun dengan memperhatikan langkah dasar keamanan jaringan,  yakni sebagai berikut 

Prevention

Dasar dari the security trinity adalah prevention (Perlindungan ). Untuk dapat mengukur tingkat keamanan dibutuhkan cara mengukur perlindungan terhadap eksploitasi celah keamanan ( vulnerability ) yang akan berhasil ditemukan melalui detection dan response.

2.       Detection

Untuk menerapkan perlindungan yang akan dilakukan, dibutuhkan prosedur atau langkah tentang cara mendeteksi adanya permasalahanyang berpotensial pada sisi keamanan. Semakin cepat suatu masalah bias terdeksi, maka semakin cepat  pula cara memperbaiki dan  mengatasi permasalahan yang telah ditemukan.

3.       Response


Response atau respon, merupakan hal penting dalam langkah dasar keamanan jaringan. Setelah penerapan langkah nomor dua ( detection / deteksi ) maka langkah yang akan dilakukan berikutnya adalah merespon hasil dari pendeteksian,  Intinya, setelah kita melakukan langkah nomor 1 ( Perlindungan ) terhadap system jaringan, selanjutnya menerapkan langkah nomor 2 ( Pendeteksian ), dan dibarengi dengan langkah nomor 3 ( Response ), Response dilakukan jika system telah mendeteksi adanya masalah jaringan yang meliputi banyak hal, termasuk keamanan, Lebih jelasnya, lihat ilustrasi gambar dibawah ini.

Kesimpulan dari gambar diatas, sebuah jaringan dilapisi oleh 3 Lintasan, yang pertama Prevention ( perlindungan ) jaringan, diikuti lapisan kedua, yaitu Decetcion (Deteksi ) dalam jaringan, dan yang terahir lapisan ketiga, yakni Response, setelah melewati ketiga lapis tersebut, diharapkan dapat mengatasi segala masalah pada system jaringan, Adapun Aspek yang meliputi Keamanan Sistem Komputer Jaringan, bias and abaca di artikel : Aspek yangmeliputi Jaringan Komputer
Tidak ada jaringan yang 100% Aman, walaupun begitu, kita tetap harus menjaga dan memberi perlindungan terhadap jaringan yang kita kelola, agar semua data atau info penting dalam jaringan tetap terjaga.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar dengan sopan sesuai topik yang dibahas. Mohon tidak meninggalkan URL. Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon