Friday, October 14, 2016

Pengertian dan Macam-Macam konfigurasi Name Server

Advertisement


Name Server adalah nama dari sebuah web server yang digunakan untuk mengarahkan domain ke server tertentu dan biasanya ditulis dengan format ns1. Dan penamaan tersebut berbeda beda tergantung dari konfigurasi yang dilakukan.

Terdapat empat jenis konfigurasi Name Server yang banyak digunakan :

a.   master  : digunakan untuk menyimpan record-record zona original dan authoritative untuk name space tertentu, menjawab pertanyaan dari name server lain yang mencari jawaban space tersebut.

b.   slave : digunakan untuk menjawab permintaan dari name server lain. Server slave merupakan backup dari servermaster. Server ini mendapatkan informasi name space dari name server master. Servermaster akan mengirim perubahan tersebut ke slavenya setiap periode tertentu.


c.   caching-only : digunakan untuk menawarkan layanan resolusi nama ke IP tetapi sama sekali tidak mengelola zona. Jawaban atas semua resolusi di-cache di dalam memori selama periode waktu tertentu, yang ditentukan oleh record zona yang diterima.

d.   forwarding : digunakan untuk memforward permintaan ke suatu name server untuk resolusi nama. Jika name server  yang diminta tidak ditemukan, maka resolusi gagal.

Name server dapat berupa satu atau lebih jenis-jenis di atas. Tetapi sebagai contoh, sebuah name server dapat berupa master untuk beberapa zona, slave untuk zona lainnya, dan hanya menawarkan resolusi forwarding untuk zona tertentu.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar dengan sopan sesuai topik yang dibahas. Mohon tidak meninggalkan URL. Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon