Thursday, October 20, 2016

Pengertian dan macam-macam server

Advertisement

1.   Pengertian Server



Server adalahsebuah sistem komputer yang menyediakan layanan tertentu dalam jaringan. Server didukung dengan komputer yang spesifikasinya lumayan besar, juga sistem operasinya yang khusus.
Server dapat menjalankan aplikasi dan mengontrol secara administratif terhadap sumber daya yang terdapat didalamnya. jadi sobat novtani blog perlu ketahui apa saja macam sistem operasi yang digunakan server antara lain adalah :

Beberapa Kategori Jenis Fungsi server antara lain adalah sebagai berikut :
1.   Server Application ( Aplikasi Server )
Server aplikasi adalah server yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam aplikasi yang dapat diakses oleh client.

2.   Data Server ( Server Data )
Server datasendiri digunakan untuk menyimpan data baik yang digunakan client 
Secaralangsung maupun data yang diproses oleh server aplikasi.
3.   Server Proxy ( Proxy Server )
Server proxy berfungsiuntuk mengatur lalu lintas di jaringan melalui pengaturan proxy.Kegunaan Server memang sangat banyak bukan hanya untuk proxy saja yang sering kita kenal. Server yaitu gunanya untuk situs internet, ilmu pengetahuan atau sekedar menyimpan data.

Macam – Macam Server
1.    File Server 
File Server adalah Komputer yang besar untuk PC Greater kecepatan, penyimpanan dan pengolahan. Contoh File Sharing yang sering kita akses seperti mediafire.com, rapidshare dsb.
2.    Database Server
Database Server adalah komputer yang menyediakan layanan program aplikasi pengolahan basis data yang kita kenal sebagai DBMS (Data Base Manajemen Sistem ). Biasanya Database server menggunakan

3.   Printer Server
Server ini digunakan sebagai pusat layanan percetakan pagi client. Printer server biasanya digunakan oleh banyak client dalam satu jaringan komputer. dengan ini dapat menghemat biaya pembelian hardware printer karena hanya cukup 1 printer saja.

4.    DNS Server
DNS server atau Domain Name Server berguna untuk menterjemahkan alamat domain menjadi IP ( internet Protocol ).

5.    Game Server
Game server adalah server yang digunakan untuk game saja, dan game server ini digunakan oleh banyak pemain dalam sebuah game server. Client bisa bermain dari lokasi mana saja.

6.    Telnet Server
Telnet Server adalah server yang melayani service telnet. Telnet Server berguna untuk meremote komputer dari jarak jauh melalui server telnet hanya dengan login lalu telnet server akan mengarahkan tujuan yang diminta oleh client.

7.    Proxy Server
Proxy Server adalah server yang digunakan untuk memperkuat keamanan jaringan. Proxy server digunakan untuk memfilter permintaan service keluar maupun masuk dari client. Proxy Server juga dapat memblock IP Address sehingga tidak dapat di akses oleh para client.
                                                                                                               
8.    Mail Server
Mail Server adalah server yang melayani surat menyurat atau service email. client dapat mengorganisasikan email yang masuk dan client dapat saling mengirim dan menerima email secara berbarengan didalam suatu jaringan komputer.



9.    Fax Server
Fax Server adalah server yang melayani layanan fax sebuah perusahaan atau instansi. Dengan adanya fax server juga berguna untuk segala permintaan fax hingga menerima fax.

10.  Application Server
Application Server adalah server yang digunakan untuk menjalankan sebuah aplikasi sehingga semua client dapat mengakses aplikasi bersamaan.
                                     
11.  Streaming Media Server
Streaming Media Server adalah server yang digunakan untuk menjalankan berbagai multimedia seperti video, musik, dan sebagainya. dan Client tidak harus mendownloadnya dahulu untuk memutarnya karena ini dapat secara langsung di putar.

12.  Home Server

Home Server adalah server yang digunakan untuk layanan home intertainment seperti musik, film, video khusus untuk layanan rumah. Home server bisa juga ditambahkan berbagai service seperti web service, file service hingga backup data.

Artikel Terkait

2 komentar dari Sahabat

Terimah kasih untuk pembelajarannya, kunjungi juga blog http://blog.binadarma.ac.id/herisuroyo/

Terimah kasih untuk infonya ini sangat berguna bagi saya
My blog

Silahkan berkomentar dengan sopan sesuai topik yang dibahas. Mohon tidak meninggalkan URL. Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon