Wednesday, October 26, 2016

Pengertian IP Spoofing

Advertisement

IP Spoofing adalah teknik untuk mendapatkan akses ke suatu komputer ataupun server secaara ilegal dan menyembunyikan  IP Address asli milik pelaku dengan cara memanipulasi( memalsukan ) paket IP. Sehingga Sumber dari paket  yang dikirimkan tadi tidak bisa terlacak.



Lalu apa ciri-ciri komunikasi yang menggunakan IP Spoofing ?

Dalam kasus ini, kita akan membedakan antara komunikasi normal dan komunikasi menggunakan IP Spoofing,

1.       Komunikasi  Normal

Dalam keadaan normal, Setiap paket data yang akan dikirimkan harus mempunyai identitas sumber pengirim yang jelas dan setiap paket data yang akan dikirimkan juga harus mempunyai label tujuan

Dapat disimpulkan bahwa didalam komunikasi normal komputer pengirim akan menampilkan informasi yang jelas dan benar tentang dirinya sebagai pengirim, setelah paket data terkirim dan server merespon, maka terjadilah komunikasi, untuk lebih jelasnya, lihatlah gambar dibawah ini






2.       Komunikasi mode IP Spoofing






Dalam kasus ini, komputer yang menggunakan mode IP Spoofing telah mengubah dan memalsukan Identitas sumber pengirim, yang bertujuan untuk mengelabui server dan server pun langsung memberi balasan paket data menuju komputer yang menggunakan Alamat palsu tersebut.


Dan Bagaimana cara mengenali atau mendeteksi adanya penggunaan IP Spoofing ?

Untuk mendeteksi IP Spoofing, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan, yaitu :

Teknik URPF ( Unicast Reverse Path Forwarding )

Teknik HCF ( Hop Count Filtering )

Teknik SPM Scheme ( Spoofing Prevention Method)

Teknik PPS ( Packet Pasport System )

Teknik NIF ( Network Ingress Filteirng )


Teknik Bogon Route


Artikel Terkait

Silahkan berkomentar dengan sopan sesuai topik yang dibahas. Mohon tidak meninggalkan URL. Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon