Friday, October 14, 2016

Pengertian Mail Server

Advertisement


Mail Server adalah server yang memungkinkan user ( pengguna ) dapat mengirim dan menerima email satu sama lain dalam suatu jaringan atau internet.
Server  Email menggunakan arsitektur Client-Server dan menjalankan sebuah aplikasi untuk mengirimkan data atau perintah dari User menuju server tersebut. Server email menjalankan aplikasi bertujuan  untuk proses pengiriman dan penerimaan email. Aplikasi yang berjalan pada server ini disebut dengan MTA (Mail Transfer Agent) sedangkan aplikasi yang berjalan pada komputer-komputer lain yang dilayani oleh server  (client) disebut dengan MC (Mail Client).
Ada banyak server email yang saat ini digunakan dalam jaringan Internet yang menggunakan sistem operasi Linux/Unix. Tiga di antaranya yang terkenal adalah SendMail, QMail, dan Postfix. Ketiga server email ini memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing dalam melayani dan mengirimkan email. Sangat menarik melihat keunggulan ketiganya ini terutama dalam bidang pengamanan (security).

[ Baca Berikutnya : Jenis-Jenis Mail Server ]



Artikel Terkait

Silahkan berkomentar dengan sopan sesuai topik yang dibahas. Mohon tidak meninggalkan URL. Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon