Thursday, October 13, 2016

Rangkuman

Advertisement


Rangkuman Materi ( Pengertian dan Penjelasan Tentang Materi Admin Sever 1 )



HTTP server atau Web server adalah sebuah layanan yang menyediakan akses ke sumber daya dengan menggunakan protocol HTTP. Sumber daya HTTP biasanya berupa dokumen HTML, dilengkapi juga dengan dokumen beformat lainya yang mendukung HTML.

Secara default, HTTP server berjalan di atas port 80 untuk versi normal, dan berjalan di atas port 443 untuk versi aman atau HTTPS. HTTPS berjalan di atas enkripsi data sehingga data yang dikirimkan aman dan tidak bisa dicuri ditengah jalan.

HTTP server bisa bekerja secara dinamis atau statis, tergantung dari saat mereka diimplementasikan. Cara HTTP bekerja secara dinamis juga tergantung, apakah melalui software HTTP langsung atau dengan melalui bahasa pemrograman di sisi server seperti ASP atau PHP.

Ada dua jenis HTTP server, yaitu HTTP Server mode kernel, dan HTTP Server mode user. Mode kernel bisa berinteraksi dengan sumber daya tingkat rendah seperti processor, memory, adaptor jaringan. Mode kernel ini disisipkan dalam OS sehingga bekerja lebih cepat, di Windows ada IIS dan ada TUX di Linux. Mode user, berbeda jauh dan biasanya diinstall secara terpisah, karena mode user tidak mempunyai akses langsung ke sumber daya tingkat rendah, maka kecepatanya lebih rendah dan harus berbagi dengan software lainya dalam urusan sumber daya hardware.

HTTP server terbatas, dan bisa jatuh sewaktu-waktu. Karena HTTP server harus mengatasi banyak pengguna di waktu yang bersamaan, bukan tidak mungkin HTTP akan terhenti sejenak saat mengatasi banyak pengguna tersebut. Batasan-batasan ini ada sesuai dengan kualitas sistem, jenis HTTP server, perangkat keras di server, jumlah pengguna, firewall, dsb.

Beberapa cara bisa dilakukan untuk mengurangi batas HTTP server sehingga tidak sampai terhenti, bisa dilakukan dengan cara mengatur bandwidth, firewall, menanggulangi serangan-serangan seperti DDOS, XSS, virus.

HTTP server bekerja dengan protocol HTTP, yaitu protocol yang terdiri dari dua bagian data, header dan content.  Header berisi informasi tentang content yang akan disajikan, atau informasi tentang koneksi yang sedang terjadi.

Proses HTTP bekerja secara dua arah, yaitu dari pengguna ke server, lalu server ke pengguna. Ada dua jenis header yang berbentuk sama, namun dengan format dan spesifikasi yang berbeda. Setiap proses baik itu permintaan atau pelayanan selalu memenuhi format protocol HTTP.

Ada berbagai macam HTTP server yang populer, seperti Staticlet, Apache, Nginx, IIS, GlassFish, Tomcat, Node, dsb. HTTP server yang terinstal dengan sistem operasi Debian adalah Apache (apabila dipilih Web Server saat instalasi).

Apache dikenal sebagai web server paling populer dan menguasai pasar, bekerja dengan cukup, bisa dikonfigurasi sesuai kebutuhan, mendukung lebih dari satu situs, juga dikembangkan secara terus menerus oleh pembuatnya.

Instalasi Apache di Debian cukup mudah, sekali di instal dan dinyalakan, maka sudah bisa melayani permintaan http. Setelah itu Apache bisa dikonfigurasi sesuai kebutuhan untuk menambahkan situs baru, diberikan modul-modul tambahan, mengatur struktur direktori. Untungnya, Apache sudah dilengkapi dengan bahasa pemrograman sisi server yaitu PHP.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar dengan sopan sesuai topik yang dibahas. Mohon tidak meninggalkan URL. Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon