Thursday, October 20, 2016

Sistem Operasi Jaringan Novell NetWare

Advertisement



Novell NetWare adalah sebuah sistem operasi jaringan yang umum digunakan dalam komputer IBM PC atau kompatibelnya. Sistem operasi ini dikembangkan oleh Novell, dan dibuat berbasiskan tumpukan protokol jaringan Xerox XNS.
Novell Salah satu perusahaan perangkat lunak yang sempat memimpin sistem operasi jaringan (NOS). Perusahaan ini bernama Novel, Inc. yang menjual NetWare, yang merupakan NOS yang cukup banyak digunakan di dunia.
Network Operation System (NOS) yang diproduksi oleh Novell.Sistem operasi jaringan (Inggris: network operating system) adalah sebuah jenis sistem operasi yang ditujukan untuk menangani jaringan. Umumnya, sistem operasi ini terdiri atas banyak layanan atau service yang ditujukan untuk melayani pengguna, seperti layanan berbagi berkas, layanan berbagi alat pencetak (printer), DNS Service, HTTP Service, dan lain sebagainya. Istilah ini populer pada akhir dekade 1980-an hingga awal dekade 1990-an.
NetWare telah digantkan oleh Open Enterprise Server (OES). Versi terakhir dari NetWare hingga April 2007 adalah versi 6.5 Support Pack 6, yang identik dengan OES-NetWare Kernel, Support Pack 2.
     Kelebihan dan kekurangan Novell Netware, adalah sebagai berikut:
-  Dahuludigunakansebagai LAN-based network operating system
-  Dibuatoleh Novell, Inc.
-  Banyakdigunakanpadaawalsampaipertengahan tahun1990-an
-  Konsep: pembagian disk space dan printer
-  Pengembangan:
-  File sharing: layananmodul file, pencarianlokasifisikdilakukan di server
-  Caching: meng-caching file yang sedangaktif
-  Netware Core Protocol (NCP) lebihefektif: tidakadaperluada acknowledgement untuksetiappermintaanatau data yang dikirimkan

-  Pelayananselain file dan printer sharing seperti web, email, database, TCP/IP, IPX, dll

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar dengan sopan sesuai topik yang dibahas. Mohon tidak meninggalkan URL. Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon