Wednesday, November 9, 2016

Format penulisan Form pada HTML

Advertisement


<Form> merupakan formulir yang digunakan sebagai perantara untuk memasukan data inputan ke server. Form pada HTML dibuat dengan menggunakan elemen form. Elemen form harus membungkus seluruh elemen-elemen masukan form lain untuk memastikan masukan informasi pengguna dapat dibaca oleh aplikasi web.

Setiap elemen form dalam suatu halaman web harus memiliki atribut name, yang digunakan sebagai pengenal dari nama elemen tersebut. Setiap data yang dimasukkan ke dalam elemen form, akan dikirimkan kepada server.

Browser web akan mengirimkan data dari form ke server dengan mengacu kepada name dari elemen. Browser akan mengambil semua data dari elemen input yang memiliki atribut name. Jika suatu input tidak memiliki name, maka data yang ada dalam elemen input tersebut tidak dikirimkan kepada server.
Tag <form> digunakan untuk membuat form dalam document HTMLPenulisan format umum penulisan dari form adalah sebagai berikut :
<Form atribut=”atribut”>
……
……
……
</form>
Terlihat pada format umum formulir diatas, bahwa penulisan form dilengkapi dengan atribut. Beberapa atribut yang dimiliki oleh tag <form> adalah :
Dari sembilan atribut diatas, atribut “accept” tidak support pada penerapan HTML5. Pada HTML juga menyediakan atribut baru yaitu : “autocomplete” dan “novalidate”.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar dengan sopan sesuai topik yang dibahas. Mohon tidak meninggalkan URL. Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon