Saturday, November 12, 2016

Kode Membuat Link ke Bagian Dokumen HTML

Advertisement

Link ke Bagian Dokumen Tertentu

Link dapat berperan untuk mengarahkan ke bagian teks atau gambar tertentu yang masih berada dalam satu dokumen yang sama. Link seperti ini biasanya pada halaman web yang memiliki informasi yang panjang atau pada dokumen yang memiliki daftar isi di bagian atasnya.  Tujuannya adalah agar para pengunjung tidak perlu melakukan scrolling pada halaman tersebut untuk menuju/kembali tertentu dalam dokumen bersangkutan.

Sapat juga membuat link internal dalam suatu halaman - misalnya daftar isi di atas dengan link ke setiap bab . Yang perlu digunakan adalah atribut yang disebut id (identifikasi) dan simbol “#”.
Gunakan atribut id untuk menandai elemen yang ingin ditautkan/link. Sebagai contoh:

<h1 id="heading1">heading 1</h1>

Sekarang kita dapat membuat link ke elemen dengan menggunakan ”#” di atribut link. Tanda “#” harus diikuti dengan id dari tag yang ingin ditautkan/link. Sebagai contoh:

<a href="#heading1"> Menuju ke  heading 1</a>

Berikut ini contoh bila ada beberapa link internal

<html>
<head> </head>
<body>
<a href="#heading1">Link ke heading 1</a>
<a href="#heading2">Link ke heading 2</a>
<h1 id="heading1">heading 1</h1>
<h1 id="heading2">heading 2</h1>
</body>
</html>

Link ke bagian dokumen tertentu dapat di bedakan lagi menjadi dua jenis, yaitu :
  • Link ke bagian tertentu dalam dokumen yang sama
  • Link ke bagian tertentu dalam dokumen lain

Link ke Bagian Tertentu dalam Dokumen yang sama

Untuk membuat link semacam ini, terlebih dahulu kita perlu memberikan id atau nama pada bagian teks atau gambar tertentu sebagai bagian yang akan dituju. Pemberian id tersebut dilakukan dengan cara menuliskan kode berikut :

<a id=”tujuanLink”>Teks atau gambar</a>

Selanjutnya untuk membuat link yang akan mengarah ke teks atau gambar yang telah di namai tersebut adalah dengan menuliskan kode seperti berikut :

<a href=”#Tujuanlink”>Teks atau gambar</a>

Tanda # di atas menunjukan bahwa tujuan link adalah nama bagian, bukan berupa file.


Link ke Bagian Tertentu Dalam Dokumen Lain

Selain bagian yang berada dalam satu dokumen, link dapat juga mengarah ke sesuatu bagian tertentu yang terdapat dalam dokumen lain. Untuk membuat link semacam ini, bagian tertentu dalam dokumen lain tersebut harus di tantai dengan pemberian id seperti pada sub-bab sebelumnya. Perbedaan hanya terletak pada penulisan tujuan link-nya saja. Pada kasus seperti ini, kita perlu menambahkan id bagian pada tujuan link, seperti berikut:

<a href=”namafile#idBagian”>Teks atau gambar</a>


[[Berikutnya : Menyajikan Format Target Link, Email dan Telepon pada html >>>

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar dengan sopan sesuai topik yang dibahas. Mohon tidak meninggalkan URL. Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon