Wednesday, November 9, 2016

Mengenal dan Fungsi antribut Autocomplete pada html

Advertisement


Dengan atribut autocomplete , memungkinkan form dapat menentukan memiliki autocomplete on atau off. Atribut autocomplete merupakan atribut baru di HTML5. Format penulisanya adalah sebagai berikut :
<form autocomplete="on|off">

Nilai dari atribut autocomplate :

On merupakan nilai default. Browser akan membaca data isian form sudah lengkap berdasarkan data isian sebelumnya. Sehingga user tidak perlu menuliskan semua data, bisa dibantu dengan atribut autocomplete untuk meneruskan data yang akan ditulis.
Off  browser tidak secara otomatis membaca data isian form dari data sebelumnya, sehingga user harus menuliskan data secara lengkap pada tiap field form setiap kali user akan mengisikan data.

Penulisan atribut autocomplete adalah sebagai berikut



<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>atribut form</title>
</head>
<body>
<form action="demo_form.asp" method="get" autocomplete="on">
Nama:<input type="text" name="nama"><br>
Alamat: <input type="alamat" name="alamat"><br>
<input type="submit">
</form>
</body>
</html>

Bila listing kode diatas dengan atribut autocomplete = “on” dijalankan maka akan menghasilkan tampilan sebagai berikut :

Gambar 20.4 penerapan atribut autocomplete, dengan data isian baru


Dari gambar diatas, pada fiels “nama” akan diisi nama “dayandra, user harus melengkapi menuliskan nama sampai selesai, karena belum ada data sebelumnya yang mengisikan nama : dayandra. Bila data di field “nama” dan “Alamat” diisi dan dikemudian disubmit maka browser akan mengenali isian datanya bila dilain waktu ada user yang mengisi dengan isian yang sama. Hal ini terlihat pada tampilan berikut :

Gambar 20.5 penerapan atribut autocomplete, dengan data isian autocomplete


Dari gambar dapat dilihat, saat menuliskan kata “da” maka akan muncul pilihan dayandra, data dayandra merupakan data yang telah diisika ke field sebelumnya

[ Berikutnya : Mengenal dan fungsi antribut Method pada html >>

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar dengan sopan sesuai topik yang dibahas. Mohon tidak meninggalkan URL. Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon