Wednesday, January 11, 2017

Hal yang harus diperhatikan sebelum Upgrade Windows

Advertisement

Ilustrasi Upgrade Sistem Operasi

Ahir ahir ini  marak akan pemberitahuan upgrade sistem operasi lawas milik Microsoft, yakni Windows XP.Alasan upgrade sendiri sudah dijelaskan oleh pihak Microsoft, yakni masalah  Keamanan, kompatibilitas software terbaru dan masih banyak lagi. Yang berujung pihak Microsoft menghentikan dukungan keamanan dan update pada Sistem Operasi tersebut,  tak hanya Windows XP yang menjadi sasaran pemberhentian dukungan, Windows Vista pun juga terkena dampak pemberhentian. Lebih lanjut anda bisa membaca tentang pemberhentian dukungan OS microsoft disini

 Dan yang perlu digaris bawahi, walaupun pihak Microsoft sudah tidak lagi mendukung kedua OS tersebut ( XP& Vista ) bukan berarti kita sudah tidak dapat menikmati kedua OS tadi, dan kita masih bisa menggunakannya sebagaimana biasa, hanya saja kita sudah tidak bisa melakukan Update Patch / Keamanan dari pihak Microsoft.

Lalu Haruskah kita mengupgrade OS XP / Vista yang kita gunakan sekarang ?
Jawabannya TERGANTUNG ..

Saya pribadi masih setia menggunakan Windows XP bawaan Netbook Dell, yakni Windows XP SP2 yang sudah saya update ( bukan instal ulang ) ke SP3. Saya Ingin Mengupgrade takut terjadi masalah, entah masalah data dan yang sering terbayang masalah Lisensi yang kebanyakan UUD ( ujung-Ujung Duit ) :D . Dan saya tidak memakai antivirus apapun ! kenapa ? hehe hanya malas untuk menginstallnya, dan mulai tahun 2011 – sekarang 2017 alhammdulillah tidak ada masalah dengan OS ini, hanya saja untuk berjaga2, saat berinternetan saya tidak sembarangan membuka situs2 tertentu.


software yang terinstall di netbook

Namun Jika anda ingin melakukan upgrade ke Sistem Operasi yang lebih baru, maka ada hal harus anda perhatikan apa itu ?

1.    Masalah Spek Komputer / Laptop

Naah ini yang mesti harus menjadi pertimbangan. Jika laptop / komputer yang anda gunakan berspesifikasi windows XP ( waktu beli laptop sudah terinstal windows XP ) anda harus bisa memastikan jika spek tersebut mampu menjalankan sistem operasi terbaru microsoft seperti Windows 7, 8.1, dan 10. Dan jika laptop / komputer anda berspesifikasi windows Vista, kemungkinan besar sudah mampu menjalankan sistem operasi terbaru. Untuk tambahan, sebelum melakukan upgrade silakan cek spesifikasi Hardware yang anda gunakan, setelah itu cari tentang spesifikasi yang dibutuhkan windows 7, 8.1 atau 10.

2.    Masalah Pilihan Upgrade

Ini merupakan Pilihan yang pasti terfikir di benak anda. Ada 2 cara untuk melakukan upgrade, yakni Melalui Windows Update dan Install Ulang, kebanyakan orang melakukan upgrade melalui install ulang laptop / komputer, Lalu Pilih manakah anda ?
Catatan penting. Jika anda ingin mengupgrade windows dari windows update pastikan OS windows yang anda gunakan berlisensi asli dan bukan windows Crack !.  dan anda bisa melakukannya jika ada notifikasi upgrade dari microsoft

3.    Siapkan Backup Data Penting

Dalam melakukan upgrade,  masalah inilah yang akan menjadi perhatian, yakni backup data-data penting anda dari Drive C maupun dari drive lain (untuk jaga2) dimana lokasi yang baik untuk backup ?  itu terserah anda, namun saya merekomendasikan menggunakan flashdisk / hdd portabel yang berkapasitas besar.

4.    Hehehe Kayanya Untuk masalah nomor Empat masih loading,,,

Nahh itulah pembahasan kali ini,  semoga bermanfaat ..

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar dengan sopan sesuai topik yang dibahas. Mohon tidak meninggalkan URL. Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon