Wednesday, March 1, 2017

Konfigurasi Mikrotik virtualbox dengan Winbox

Advertisement

Untuk belajar konfigurasi mikrotik dengan winbox lewat virtualbox, Persyaratannya ialah sebagai berikut : 
  1. Ada Koneksi Internet ( disini saya menggunakan internet dari hotspot android )
  2. Laptop sudah terintall virtualbox ( disini saya menggunakan OS ubuntu )
  3. Didalam virtualbox sudah terinstall mikrotik dan OS Kliennya ( saya menggunakan mikrotik versi 5.20 dan Windows Xp sebagai kliennya )
  4. Ketelitian dan kesabaran ( jika ada trouble dan langkah yang sedikit membingungkan )
Setelah semua siap, ada yang harus diperhatikan. Untuk os clientnya pastikan sudah terinstall Virtualbox Guest Additions, agar praktek berjalan lancar. Untuk mengintal Virtualbox Guest Additions. Caranya cukup mudah, anda butuh koneksi internet. Selanjutnya jalankan OS Yang terinstall di virtualbox, disini saya menggunakan wndows XP. Setelah selesai booting, dan masuk destop windows XP langsung tekan tombol Ctrl+D ( tombol ctrl sebelah kanan ) sampai muncul Jendela Notifikasi seperti dibawah ini :




Setelah muncul jendela tersebut, tinggal tekan YES. Jika berhasil download, maka di OS windows xp tadi akan muncul jendela instalasi Virtualbox Guest Driver. Tinggal klik next sampai instalasi selesai, lalu reboot os windows xp nya ( virtualbox )


Setelah install virtualbox Guest Additions. Langkah berikutnya kita akan download Winbox Lewat Windows XP Virtualbox. Caranya, buka Virtualbox, pilih Windows XP. Lalu klik Setting > Buka Tab Network > Adapter 1 > Pilih NAT, lebih jelasnya lihat gambar berikut.

Setelah itu klik OK. buka kembali Windows XP dan buka browser internet explorer untuk download winbox. disini saya menggunakan Winbox 2.2 dan mikrotik versi 5.20 .

Setelah semua persiapan selesai, Kini waktunya kita ke acara inti, yaitu Konfigurasi Mikrotik dengan Winbox di Virtualbox. berikut langkah langkahnya.

Langkah 1. Setting Jaaringan Mikrotik dan Windows XP.
Matikan dulu mesin klien-nya ( windows xp ) dan mesin mikrotiknya sebelum setting jaringan.
Untuk setting jaringan Mikrotiknya, gunakan dua adapter, adapter pertama pilih NAT, dan adapter 2 pilih Internal Network. lihat gambar dibawah

untuk setting jaringan klien-nya, gunakan adapter 1 saja, dan set ke internal network saja. jangan lupa, sebelum set jaringannya matikan dulu os divirtualboxnya. lihat gambar dibawah ini :



Setelah selesai setting jaringan. lanjut ke langkah 2. yakni Hidupkan virtual mesinnya ( Mikrotik dan Klien-nya, seperti windows xp, ubuntu, dan lainnya. disini saya menggunakan windowws xp )
 Setelah Mikrotik dan Klien hidup. kita hanya menggunakan klien untuk konfigurasi mikrotiknya lewat winbox.  Buka Winbox yang sudah anda download tadi. dan untuk login pakai  mac address dan username Admin serta kosongkan kolom Password. lihat gambar dibawah ini :

 Untuk login via MAC Address, klik kolom yang berisi titik-titik dan akan muncul jendela lagi seperti gambar diatas, lalu klik tulisan MAC Address dan jika berhasil akan muncul mac address serta detilnya. setelah itu klik alamat mac addressnya, selanjutnya. akan tampil seperti gambar dibawah ini :


 Untuk Login. gunakan username Admin dan Kosongkan paswrd seperti gambar diatas. dan jika berhasil, selanjutnya akan muncul seperti gambar dibawah ini :


Naahh. jika sudah Seperti gambar diatas, maka anda sudah berhasil login mikrotik atau meremot mikrotik dari winbox. Untuk langkah konfigurasi seperti Konfigurasi IP address, NAT, Proxy akan dibahas pada artikel terpisah ( untuk kenyamanan membaca ) dan semua langkah konfigurasi. link artikelnya akan ditulis diartikel ini ( Selalu Update ) jadi. tunggu penulisannya selesai yah. hehe agar tidak kepanjangan dan tidak membosankan.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar dengan sopan sesuai topik yang dibahas. Mohon tidak meninggalkan URL. Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon