Wednesday, March 27, 2019

5 Hal ini bisa memperpendek usia smartphone android ! mungkin kamu sering melakukanya

Tags
Advertisement

Tahukah kamu? beberapa hal yang kamu lakukan di smartphone milikmu bisa saja memperpendek usia smartphone? apa sajakah itu?? berikut ulasannya :




1. Sering gonta ganti rom android.

Ya.. Cara 1 ini sering dilakukan oleh para oprekers android. Dan menjadi salah satu alternatif upgrade sistem android, namun tentu saja. Cara ini sangat ampuh untuk merusak memori sistem android loh !. Bukan memori ram, tapi memori sistem. Atau sering disebut dengan EMMC,, memori emmc-lah yang menyimpan semua berkas sistem, mulai dari aplikasi yang kamu instal, suara notifikasi, dan penyimpanan internal. Jika emmc rusak. Jangan harap smartphone kamu normal. Walau secara fisik smartphone mulus kinyis-kinyis. Kalau emmc rusak tidak bakal bisa digunakan apa2 kecuali buat pajangan !

2. Gonta ganti charger HP.





Kalau cara ini mungkin sudah hampir semua kalangan melakukannya. Bahkan admin sendiri sering melakukan. Lalu apa dampak yang ditimbulkan? Sepengalaman admin, dampak dari sering gonta ganti charger ( bukan charger bawaan / original ) berdampak pada kerusakan baterai, loh kok bisa ? Ya bisa lah, biasanya jika charger tidak cocok voltasenya, layar smartphone kamu akan meloncat2 jika disentuh. Misal kamu sedang asik chattingan, lalu kamu pakai charger pinjaman, jika charger tidak cocok. Saat kamu tekan huruf Q yang muncul malah huruf B, atau yang lain. Dampak lainnya ialah membuat daya tahan baterai menurun karena arus charger tidak stabil. Efek nyatanya adalah, saat kamu charger batre masih 20%, tak lama kemudian menjadi 100%. Waspadalah !

3. Sering gonta ganti kartu.

Mungkin cara ini sering kamu lakukan jika kamu hobi banget neror teman, nyicipi kartu paketan dan lain-lain. Loh emangnya kenapa? Engga apa-apa sih. Cuman kalau keseringan banget nih, bisa merusak socket smartphone kamu loh,, iya kalau hp kelas menengah ke atas seperti samsung Galaxy S7,Sony Xperia Z, Nokia X, dan smartphone dengan harga selangit engga masalah, karena smartphone tersebut menggunakan komponen High Quality yang terjamin mutunya. Nah kalo buat hp kelas menengah kebawah, seperti advan, evercoss, mito, dan merek lain yang sedikit asing. Harus diwaspadai loh. Jika sering gonta ganti kartu. Lama2 socket kartu rusak dan tidak bisa digunakan. Contohnya jika dimasukkan kartu, saat dinyalakan sim tidak terdeteksi !

4. Nge-Game tampa henti

Cara ini sudah familiar banget, jika kamu gamer mania, saya sarankan deh buat beli smartphone husus gaming, jangan asal pilih smartphone ! Saya sudah peernah mengalami hal ini, waktu dulu banget, saya pakai samsung galaxy ace 1. Android gingerbread buat main game balapan. waktu baru main tidak masalah. Selang 1 mingguan keseringan buat main, batre makin cepat habis, hape cepat panas, bahkan pernah ngalamin overheat ( panas berlebihan ) yang berdampak smartphone mendadak mati !

5. Sering menutup semua aplikasi untuk menambah Ram.



Nah.. Cara ini rata-rata sering dilakukan oleh pengguna android. Yapp.. menutup aplikasi dengan cara menekan tombol recent app atau menekan tombol home agak lama, setelah muncul cuplikasn aplikasi yang sedang terbuka, digeser buat memberhentikan aplikasi tersebut, bisa juga menggunakan aplikasi pihak ketiga sperti advanced task killer. Cara ini memang berguna loh, buat kamu yang ingin meluangkan ram untuk keperluan main game atau aplikasi yang membutuhkan memori besar. Namun jika hal ini sering dilakukan, bisa membuat android kamu lemot! Loh kok bisa? Ya bisa, android itu beda banget sama sistem operasi komputer / laptop seperti ms Windows, Ubuntu, Apple dan lainnya. Lebih jelasnya, android akan menyimpan dan menidurkan aplikasi yang tidak digunakan dalam memori Ram agar tidak mengkonsumsi daya baterai berlebihan. Dan akan membuat akses aplikasi lebih cepat dari pada harus membuka dari awal. Nah jika semua aplikasi yang ada di recent bar kamu tutup. otomatis saat kamu membuka aplikasi tersebut sedikit lemot dan akan memakan daya baterai lebih. Karena sistem harus menyiapkan segala persiapan aplikasi. Seperti akses data, jaringan dan lainnya.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar dengan sopan sesuai topik yang dibahas. Mohon tidak meninggalkan URL. Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon