Thursday, March 2, 2017

Fungsi dan dampak Root android

Tags
Advertisement





Saat ini hampir semua kalangan, dari balita sampai orang tua. dari kutub selatan sampai kutub utara. pasti sudah tidak asing dengan nama yang satu ini, ya Android kini sedang. Menjadi puncak ketenaran, hoby, gaya hidup. dan sebagainya. kehadiran android juga membangkitkan vendor ponsel yang hampir gulung tikar, kembali ke topik. Saat anda memiliki ponsel android, mungkin anda pernah mendengar kata kata " ROOT Android " apa itu root? secara bahasa sih, root itu kalau diartikan memiliki makna akar , cek google translate deh, atau buka kamus? bisa juga tanya pada guru bahasa inggris. ( ribet amat tong ) hehe, eits, tunggu dulu sob, root / akar yang dimaksud bukan root / akar pohon loh, didunia teknologi perkomputeran, smartphone dan sistem operasi. pasti terdapat istilah kata root. kebanyakan root itu lebih familiar dikalangan para pengguna OS komputer / laptop, yaitu Unix. Linux. Apple dan Bsd. pengguna windows jarang banget yang familiar.


Berhubung android itu menggunakan linux sebagai kernelnya. maka pengguna android otomatis akan ikutan familiar tentang root. fungsi root sendiri adalah untuk memiliki akses penuh ke suatu hardware. memodifikasi sistem, mengatur sistem, sesuai keinginan semampu pengetahuan kita. semakin kita mahir, semakin kita dapat memodifikasi sesuai keinginan, terus kalau root android itu gunanya apa? bahaya apa tidak?

Begini penjelasannya. Bahaya atau tidaknya me Root android itu tergantung penggunanya !. para user / pengguna yang mahir linux, pasti lebih mudah mempelajari seluk beluk root android dan sangan dibutuhkan guna keperluan tertentu, misal untuk overclock prosesor, tweak GPU ( Grapich Processing Unit ). membuat custom room, dan masih banyak lagi.

lalu bagi pemula bagaimana? bahaya apa tidak? itu juga tergantung. namun buat anda yang masih newbie. harus berhati-hati saat root android. karena jika tidak sengaja atau bahkan sengaja menghapus atau memodifikasi file / folder system, bisa merusak smartphone anda ! waspadalah. hehe..
berikut beberapa dampak - kekurangan dan kelebihan root android.
Kelebihan root android 

- Bisa memodfiikasi tampilan android sesuka hati 
- memodifikasi sistem seperti nambah swap memori , mengatur kecepatan prosesor, menghapus bloatware.
- ganti custom room dan masih banyak lagi. dan berdampak memuaskan pengguna.
- bisa mengenal lebih dalam tentang android dan seluk beluknya. dan masih banyak lagi. 

tunggu dulu. jangan keburu senang. semua yang ada di bumi dan di alam lain tak luput dari kekurangan, kecuali Tuham Y M E. hehe ... dan berikut dampak - kekurangan root android

- bisa merusak smartphone jika salah modif system. misalnya anda ingin belajar mengedit file build.prop di folder /system. jika anda salah perhitungan dan tidak melakukan backup file ori, bisa mengakibatkan ponsel bootloop.
apa itu bootloop ? bootloop merupakan kerusakan system softwarenya yang berdampak android tidak bisa masuk home / muter muter di logo saat dinyalakan.


- Menghilangkan garansi Ponsel
Jika anda baru membeli ponsel android merek apapun, pasti ada yang namanya garansi. garansi akan hilang jika kerusakan itu sengaja dilakukan oleh pemilik, seperti membongkar, terjatuh, termasuk juga kerusakan akibat root. jadi anda harus memikirkan lebih matang untul root ponsel, 


naah itulah sob, maka jika ingin root android. anda harus pintar menganalisanya. dilain kesempatan saya akan berikan artikel tentang tips android root, modifikasi serta memaksimalkan android, jadi tunggu updatenya yah

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar dengan sopan sesuai topik yang dibahas. Mohon tidak meninggalkan URL. Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon