Saturday, March 4, 2017

Setting Interface mikrotik

Advertisement

Langkah pertama dalam konfigurasi mikrotik ialah menyetel interface atau nama interface. Tujuannya agar mudah dalam konfigurasi. Misalkan didalam mikrotik ( mikrotik router asli ) umumnya ada 5 interface port LAN. Dimana setiap port memiliki fungsi masing-masing. Dan berikut fungsinya 

  • Port 1 ( ether1 ) fungsinya sebagai koneksi internet publik. Lebih jelasnya. Sebagai tempat kabel LAN langsung dari ISP ( Internet service provider )
  • Port 2 ( ether2 ) Umumnya digunakan untuk keperluan konfigurasi. 
  • Port 3 ( ether 3 ) Umumnya digunakan sebagai interface Hotspot atau Pemancar Wifi
  • Port 4 dan Port 5 lain lain..


Nah. Untuk menyetel interface dlam mikrotik ada 2 cara yang bisa dilakukan. Yaitu melalui Mikrotik Command Line dan yang lebih mudah lagimenggunakan interface Winbox. Disini kita akan menggunakan winbox sebagai media konfigurasinya. Dan berikut caranya :

Buka Winbox. Pilih menu Interface > Ether1 > klik dua kali, maka akan muncul jendela baru. Dan rubah nama interfacenya menjadi Internet . Atau terserah anda. Umumnya diganti menjadi ether1 Public. Setelah anda menggantinya. Tinggal klik Apply dan Ok. Lihat gambar dibawah ini.


Setelah itu. Rubah nama ether2 menjadi LAN atau ether2 Local. Disini saya menggunakan nama LAN. Caranya sama seperti diatas. Atau lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini : 


Karena disini kita praktek menggunakan virtualbox. Makakita hanya menyetel 2 interface saja. 


Artikel Terkait

Silahkan berkomentar dengan sopan sesuai topik yang dibahas. Mohon tidak meninggalkan URL. Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon