Friday, April 28, 2017

Tutorial Konfigurasi Kabel Ethernet LAN

Advertisement

Ethernet Card yang di pasang dan di install di PC merupakan jenis koneksi yang paling populer dan paling banyak di gunakan di mana-mana dari tingkat jaringan kecil sampai jaringan besar. Ethernet card sekarang ini biasanya dari setiap komputer telah terintergrasi secara langsung dan siap pakai. Secara singkat dan simple nya terdapat 2 koneksi umum yang digunakan dalam menghubungkan suatu perangkat misalnya antara hub dengan hub, PC dengan PC dan PC dengan Hub, koneksi ini dalam kabel UTP jaringan dikenal dengan teknik pemasangan Straight through dan cross through. Secara singkat dan simple nya untuk menghubungkan 2 komputer atau membuat suatu jaringan komputer kecil atau besar ada 2 hal pokok yang perlu di lakukan: - Pertama menyiapkan perangkat penghubung koneksi seperti : kabel UTP, Hub atau switch, Router (bila di perlukan),... - Kedua memberikan alamat TCP/IP di setiap Ethernet Card PC yang akan di hubungkan,

Alat dan bahan

Connector RJ45 berikut ini adalah connector RJ45, dalam urutan pemasangan kabel dapat dilihat urutannya sebagai berikut :



Kabel UTP standar ; adalah kabel UTP standar yang digunakan dalam jaringan LAN. Terdiri dari 8 warna yaitu :



Crimping tools ; Alat yang mirip tang yang digunakan untuk men-crimp kabel UTP pada RJ45



LAN Tester ; Digunakan untuk mengetes pemasangan kabel UTP terhadap connector RJ45 karena jika terjadi salah crimp, kabel tidak bisa dilepas dan connector juga harus di potong.



Menyiapkan Perangkat Penghubung
Untuk menghubungkan perangkat : - PC to PC - Hub to Hub - Switch to Switch - PC to Router - Router to Access Point maka digunakan koneksi kabel straight. Untuk pemasangan kabel straight standard EIA/TIA-568B (Digunakan di Indonesia) adalah sbb :



Menghubungkan 2 komputer langsung tanpa menggunakan hub atau switch dapat dengan mudah dilakukan dengan menyiapkan kabel UTP yang di pasang Connector RJ45 dengan susunan kabel cross, yang merupakan lawan dari kabel straight-through. Untuk kabel Cross pemasangannya adalah sbb:

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar dengan sopan sesuai topik yang dibahas. Mohon tidak meninggalkan URL. Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon