Sunday, August 6, 2017

Penyebab dan cara Mengatasi Windows 10 Lemot

Advertisement


Windows 10 yang telah diluncurkan Microsoft pada tahun 2015 ternyata membawa perubahan besar besaran dari segi fitur maupun tampilan, tidak seperti para pendahulunya, windows 10 kini melengkapi semua fitur yang tidak ada maupun yang telah ada pada windows versi sebelumnya, dengan mengungsung tampilan material design, dimana start menu ala windows 7 kebawah digabung dengan start menu windows 8, akan menambah kecantikan windows 10,

 Namun perlu anda ketahui, untuk  menikmati semua fitur windows 10 ternyata tidak semua pengguna bisa menikmatinya dengan lancar. Ada beberapa pengguna yang mengalami masalah setelah melakukan upgrade maupun instal ulang windows 10, dan yang paling dominan ialah laptop / computer terasa lemot dengan berbagai penyebab, maka dari itu, disini kita akan membahas tentang “ PENYEBAB DAN CARA MENGATASI WINDOWS 10 YANG LEMOT, LAMBAT, SERING HANG” yang didapat dari pengalaman admin.  Berikut ulasannya :

1 . Driver laptop belum terinstal sepenuhnya.

Sebelum memvonis penyebab berikutnya, perhatikan dulu driver laptop windows 10 anda, apakah sudah terinstal sepenuhnya ?, driver laptop sangat mempengaruhi kinerja dan kecepatan laptop anda, dan yang paling mempengaruhi kecepatan laptop adalah tidak terinstallnya driver VGA. karena tampa driver tersebut, CPU akan sangat terbebani untuk menjalankan efek visual tampa driver.
Untuk mengecek driver, buka Computer Management. Caranya ketik tombol WindowsLogo + R secara bersamaan, akan muncul jendela dipojok kanan dan ketik  compmgmt.msc


setelah itu muncul jendela Computer Management dan pilih menu Device Manager untuk melihat daftar driver yang sudah / belum diinstal.

Jika diamati lingkaran merah pada gambar diatas, menunjukkan jika masi banya driver yang belum terinstal, solusinya. Install driver dari CD bawaan laptop, atau lewat driverpack maupun software driver lain, bisa ujga mengunungi situs produsen laptop untuk mengunduh drivernya.

2. Windows Defender Aktif

Jika sobat merasa komputernya lemot saat membuka folder, atau saat apalah, coba cek windows defender, Windows defender adalah anti virus bawaan windows yang berjalan real –time, jika anda sudah menggunakan antivirus lain semacam smadav, avira, dan sebagainya, lebih baik matikan saja windows defendernya.  caranya : Buka Settings > Update & Security > Windows Defender
Ubahlah opsi Real-time Protection dan  Cloud-Based Protection menjadi off, lihat gambar dibawah ini :


3. Spesifikasi Laptop / computer yang anda gunakan  belum memenuhi untuk menjalankan system operasi windows 10. 

Nah,  menurut saya sih masalah bagian ini yang sering menjadi penyebab winows 10 lemot, maklum saja, widows 10 merupakan system operasi modern yang membutuhkan spesifikasi minimal dibawah ini :

Windows 10 – System Requirements
Processor: 1 gigahertz (GHz) or faster processor or SoC.
RAM: 1 gigabyte (GB) for 32-bit or 2 GB for 64-bit.
Hard disk space: 16 GB for 32-bit OS 20 GB for 64-bit OS.
Graphics card: DirectX 9 or later with WDDM 1.0 driver.
Display: 800×600.

Jika laptop / computer yang anda gunakan sudah memenuhi spesifikasi diatas / melebihi spesifikasi diatas, anda sudah bias menikmati windows 10. Jika belum, lebih baik gunakan system operasi lain yang dapat berjalan optimal.


Artikel Terkait

2 komentar dari Sahabat

Silahkan berkomentar dengan sopan sesuai topik yang dibahas. Mohon tidak meninggalkan URL. Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon